Talud Ambrol Timpa Bangunan SD di Kendal

METROSEMARANG.COM – Tebing di belakang bangunan SD Negeri 2 Bringinsari Kecamatan Sukorejo Kendal longsor dan menimpa dua ruang kelas, Rabu (7/3) petang. Akibatnya dinding kelas jebol dan rusak parah, sehingga menganggu aktivitas belajar.

Longsor yang menimpa dua ruang kelas di SDN Bringinsari Sukorejo Kendal. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Dua lokasi ruangan kelas yang rusak yakni ruang kelas IV dan V. Longsor diakibatkan karena talud tanah setinggi empat meter yang berada persis dibelakang sekolah jebol. Yakni akibat tidak ada celah saluran air.

Kepala SD 2 Bringinsari 2, Sudarto mengatakan kejadian roboh bangunan terjadi Rabu (7/3) sore. Yakni saat terjadi hujan lebat selama lebih kurang dua jam. Saat itu semua siswa sudah pulang sekolah, kecuali para siswa Kelas VI yang tengah belajar jam tambahan untuk persiapan ujian nasional (UN).

“Tidak ada yang tahu, tiba-tiba terdengar suara gemuruh dan kaca pecah. Setelah dilihat oleh salah seorang guru ternyata kondisi dua bangunan itu sudah roboh. Para siswa yang tengah les itu langsung disuruh keluar ruangan, karena khawatir terjadi longsor susulan,” katanya.

Akibat longsor tersebut, ruang kelas V mengalami mengalami kerusakan, dan satu kelas lainnya mengalami kerusakan ringan. “Yakni dinding ruang kelas yang jebol, sedangkan satu ruangan lainnya jebol sebagian dan kaca jendela yang pecah,” jelasnya.

Diakuinya,  longsor terjadi akibat talud setinggi empat meter yang berada dibelakang sekolah lonsor. “Terpaksa hari ini kegiatan belajar mengajar siswa kami liburkan dulu. Karena ruang sekolah harus dibersihkan dulu,” paparnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kendal mengaku sudah meninjau lokasi. Ia langsung memerintahkan agar ruang kelas yang rusak diperbaiki. Dikatakannya, jika anggaran perbaikan itu didapat dari sumbangan dan dana gotong royong. (metrojateng.com/MJ-01)