Home > METRO BERITA > Talud di Gedawang Ambrol, Satu Rumah Nyaris Ambruk

Talud di Gedawang Ambrol, Satu Rumah Nyaris Ambruk

METROSEMARANG.COM – Hujan deras yang terjadi pada akhir pekan kemarin mengakibatkan longsor di RT 01 RW 08, Kelurahan Gedawang, Kecamatan Banyumanik, Jumat (27/1) pukul 03.00 dini hari. Longsor terjadi diduga karena talut tidak kuat menahan debit air yang terlalu tinggi, hingga mengakibatkan salah satu rumah warga mengalami kerusakan parah di bagian belakang.

Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Penghuni rumah, Puji Nirwanto mengatakan sebelum terjadi longsor terdengar suara gemuruh di dalam tanah. “Kayak suara tercakar-cakar kucing gitu, let (selang) beberapa detik langsung longsor,” ujarnya, Senin (30/1).

Saat kejadian Puji bersama istrinya sedang berada di dalam rumah. Kemudian Puji langsung keluar rumah dan melihat bagian belakang rumah kontrakannya telah longsor.

Seluruh bagian dapur beserta peralatannya tertimbun longsoran tanah. Namun bagian depan masih selamat.

Sementara itu Kasi Trantib Kelurahan Gedawang, Suyud mengatakan pada awal pembangunan rumah dulu ia telah memperingatkan pemilik rumah bahwa membangun seperti itu akan rawan terjadi longsor, namun pemilik rumah tetap mendirikannya.

“Saya sudah memperingatkan kalau mbangun seperti itu rawan longsor, tapi dia tetap mbangun. Rumah ini sudah sekitar dua tahunan,” ucapnya.

Untuk sementara ini penghuni rumah tersebut ditampung di penampungan kelurahan. “Sementara ini dikosongkan rumahnya, terus sementara penghuni di tampung dikelurahan dulu sambil menunggu rumahnya diperbaiki,” katanya.

Tidak ada korban pada kejadian ini, namun kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah. (fen)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link