Home > METRO BERITA > BERITA FOTO > Tambaklorok Bertahan dari Sergapan Abrasi

Tambaklorok Bertahan dari Sergapan Abrasi

image
Dengan bantuan tong, salah seorang pekerja tengah berjuang memasang buis beton di garis pantai perkampungan nelayan Tambaklorok. Foto Metro

SEMARANG – Warga perkampungan nelayan Tambaklorok, Semarang, terutama yang berbatasan langsung dengan laut boleh sedikit merasa lega. Pasalnya hari Kamis (7/8) ini Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Semarang telah mulai melakukan pengerjaan pembuatan sabuk pantai di wilayah perkampungan mereka.

Keberadaan sabuk pantai tersebut penting karena selama ini mereka was-was tiap kali gelombang air laut pasang datang. Abrasi sedikit demi sedikit menggerus wilayah perkampungan Tambaklorok.

Pantauan metrosemarang sore tadi, terlihat sejumlah pekerja yang tengah melakukan pengerjaan pembuatan sabuk pantai. Dengan menggunakan bantuan tong, para pekerja tersebut memasang satu persatu buis beton di garis pantai. Pekerjaan tersebut terlihat membutuhkan keahlian tersendiri. Air laut yang terus meninggi hingga mencapai leher membuat pemasangan buis beton sedikit terkendala.

Untuk tahap awal ini, pembuatan sabuk pantai setinggi tiga meter tersebut akan dilakukan sepanjang 115 meter. Sisanya sepanjang 335 meter akan dilanjutkan dibangun pada tahun anggaran 2015 mendatang. (MS-01)