Home > METRO BERITA > Tangkal Kejahatan Jalanan, Polisi Diminta Bentuk Tim Khusus

Tangkal Kejahatan Jalanan, Polisi Diminta Bentuk Tim Khusus

 

Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG – Sampai saat ini, aksi perampok jalanan di wilayah Kota Semarang belum seluruhnya tertangani. Perlu penanganan khusus untuk membasmi bandit-bandit jalanan yang kian meresahkan itu.

Wakil Koordinator Indonesia Police Watch (IPW) Jateng, Agus Hermanto mengatakan,  maraknya kejahatan jalanan atau street crime di Kota Semarang, baik penjambretan, penodongan, maupun perampasan perlu diprioritaskan penanganan dan pengungkapannya.

“Perlu quick response dalam penanganan, dimulai dari kemudahan akses korban melapor dengan cepat. Sudah selayaknya perlu nomor hotline aduan atau laporan korban masyarakat yang dijaga operator 24 jam,” ungkap Agus, Senin (8/12).

Selain itu, menurut Agus, untuk mengurangi angka kriminalitas, patroli polisi juga perlu ditingkatkan, terutama di malam hari yang biasa dijadikan sebagai waktu terbaik melakukan aksi kejahatan.

“Seperti pemberitaan di media, peristiwa kejahatan jalanan, perampasan motor, penodongan, kerap terjadi pada akhir pekan terutama Sabtu dan Minggu dinihari. Banyak generasi muda mengisi akhir pekan dengan berkeliling kota, mengendarai motor. Mereka itu adalah sasaran dari aksi street crime,” katanya.

Menurut Agus, perlu dibentuk tim khusus di tiap polsek ataupun polrestabes untuk menangani kejahatan jalanan. Tim khusus ini terpadu bisa beranggotakan reserse dan satuan lainnya, yang diberi fasilitas memadai dan sarana pendukung demi kecepatan penanganan dan pengejaran pelaku. (yas)