Tank Angkut Murid PAUD Terperosok di Sungai Bogowonto, Tewaskan 1 Prajurit

METROSEMARANG.COM – Sebuah tank milik satuan Yonif 412/BES terbalik tatkala menggelar kegiatan menyusuri Kali Bogowonto di Kabupaten Purworejo. Informasi yang dihimpun metrosemarang.com menyebut kecelakaan itu terjadi Sabtu (10/3) pukul 10.00 WIB pagi tadi.

Ilustrasi. Tank jenis M113 terperosok di Sungai Bogowonto Purworejo. Foto: Wikipedia

Saat itu, prajurit Yonif 412 menggelar susur sungai bersama anak-anak PAUD dan TK Sindurjan, Kecamatan Purworejo. Kebetulan lokasinya berada di belakang Markas Yonmek 412/BES.

Semula, prajurit dan anak-anak Paud berkumpul di lapangan Yonif. Kemudian, kegiatan diawali oleh simulasi naik helikopter lalu kembali turun di lapangan untuk mengikuti kegiatan selanjutnya.

Para personel Yonif selanjutnya mengajak anak-anak Paud memperkenalkan lintasan sampai di jembatan timbang. Data yang diperoleh, terdapat ratusan siswa dari Paud Ananda, Paud Lestari, TK Masitho, Paud Handayani dan TK Siwi Peni yang mengikuti kegiatan susur sungai tersebut.

Setelah itu, diajak naik tank untuk menyusuri Kali Bogowonto menggunakan tiga tank.

Satu tank dinaiki 20 penumpang terdiri prajurit Yonif dan anak-anak Paud. Secara tak terduga, sebuah tank yang berjalan beriringan tiba-tiba tergelincir dan tenggelam. Sedangkan dua tank lainnya selamat.

Staf Pendam IV Diponegoro, Mayor Inf. Sukamto pun membenarkan ihwal kecelakaan yang dialami prajurit Yonif saat naik tank bersama anak-anak Paud di Kali Bogowonto tersebut.

Menurutnya saat ini kewenangan evakuasi korban sudah menjadi kewenangan Kostrad dan Kadispenad. “Evakuasi dan penanganan atas musibah tersebut berada di tangan Kostrad dan Kadispenad sudah memberikan pernyataan resmi juga,” ujar Sukamto saat dikonfirmasi metrosemarang.com.

Tank yang terbalik di Purworejo itu berjenis M113, mengangkut lima personel Yonif, 16 anak dan seorang guru. Akibat kejadian itu, Pratu Randi Suryadi, seorang prajurit Yonif meninggal dunia saat dibawa ke RSU Dr Tjitro Wardoyo.

Korban tewas dari pihak sipil bernama Iswandari. Iswandari meninggal saat dirawat di RS Panti Waluyo. (far)

You might also like

Comments are closed.