Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Tanpa Linkers, PSGC Berharap pada Pemain Ini

Tanpa Linkers, PSGC Berharap pada Pemain Ini

image
Rosian Indira Saputra (kanan) menjadi salah satu alternatif untuk menggantikan Emile Linkers. Foto Metrosemarang/dok liga indonesia

SEMARANG – Emanuel Linkers dipastikan tak bisa tampil saat PSGC Ciamis menjamu PSIS, Minggu (12/10) mendatang. Tanpa penyerang berpaspor Belanda itu, berpotensi mengurangi daya gedor Laskar Galuh. Tapi, pelatih Hari Rafni Kotari masih punya barisan striker lokal yang lumayan produktif untuk mengisi absennnya Linkers.

Komisi Disiplin PSSI menjatuhkan hukuman larangan bertanding selama satu tahun terhadap Emile Linkers dan tiga pemain PSGC lainnya. Mereka dianggap melakukan pemukulan terhadap wasit, saat PSGC takluk 2-5 dari Persis Solo di fase 16 besar. Selain Linkers, penggawa Ciamis yang terkena sanksi adalah Mohamad Arozi, Eko Prasetyo dan Alessandro Altobeli.

Tanpa mengecilkan peran pemain lain, sanksi terhadap Linkers menjadi pukulan telak buat kubu PSGC. Peran eks striker PSIS itu sangat vital buat klub yang bermarkas di Stadion Galuh tersebut. Tak hanya sebagai kapten, Linkers merupakan mesin gol PSGC.

Hingga babak 16 besar, Linkers sudah mendonasikan 12 gol dari total 38 gol yang dihasilkan PSGC. Dia juga ikut berperan dalam kelolosan PSGC ke babak 8 besar, lewat gol penentu kemenangan 3-2 atas PSPS di matchday terakhir perdelapan final.

Kehilangan mesin golnya tersebut, pelatih Hari Rafni Kotari kini tinggal mengandalkan penyerang lokal untuk mendobrak pertahanan lawan. Jika ukurannya adalah produktivitas, sosok yang layak menggantikan peran Linkers adalah Erwin Ramdani yang sudah mengemas enam gol.

Meski tak selalu menjadi pilihan utama, Erwin terbukti paling produktif di antara penggawa lokal PSGC yang lain. Bahkan, empat gol sekaligus pernah dia bukukan saat menghempaskan Persikab 8-2 di fase penyisihan grup.

Selain Erwin, juga masih ada Budiawan dan Arip Budiman yang sama-sama sudah mengoleksi empat gol. Budiman juga menjadi pembuka skor saat PSGC melibas Persiwa 2-0, akhir pekan kemarin.

Namun, sekalipun calon lawan bakal kehilangan empat pilarnya, pelatih PSIS Eko Riyadi tetap menganggap PSGC sebagai tim kuat. “PSGC bukan hanya Linkers. Tim ini punya kolektivitas yang cukup bagus. Buktinya, tanpa Linkers mereka bisa menang atas Persiwa,” katanya.

Eko pun berharap satu angka dalam lawatan ke Wamena bisa menambah motivasi Fauzan Fajri dkk untuk kembali mencuri poin di kandang PSGC. (*)

Sumber Gol PSGC
12 Gol   Emile Linkers
   6 Gol  Erwin Ramdani
   4 Gol  Arip Budiman, Budiawan
   3 Gol  Morris Power, Rosian Indira Saputra
   2 Gol  Alessandro Altobeli
   1 Gol  Mohamad Arozi, Yana Mulyana, Didin Jahidin, Wahyudin