Home > METRO BERITA > Tata Jaringan Kabel, Bina Marga Semarang Siapkan Terowongan di Dua Jalan Ini

Tata Jaringan Kabel, Bina Marga Semarang Siapkan Terowongan di Dua Jalan Ini

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Kota Semarang ingin menata kabel-kabel yang melintas di tengah jalan agar tidak mengganggu estetika pemandangan. Hal itu akan dilakukan oleh Dinas Bina Marga Kota Semarang dengan rencana membangun terowongan bawah tanah atau tunnels.

Pemasangan kabel FO di Tembalang, beberapa waktu lalu. Foto: metrosemarang.com/dok
Pemasangan kabel FO di Tembalang, beberapa waktu lalu. Foto: metrosemarang.com/dok

Seluruh utilitas baik kabel listrik, telepon maupun kabel FO semuanya akan dimasukkan ke dalam terowongan. Saat ini rencana pembangunan dan penggunaan terowongan kecil itu masih dalam kajian.

”Pembuatan tunnels itu untuk mengakomodir banyaknya galian kabel FO setiap tahun, yang terkadang membongkar fasilitas yang ada sehingga rusak tapi tidak dikembalikan seperti semula,” kata Kepala Dinas Bina Marga Kota Semarang, Iswar Aminudin, Kamis (3/11).

Dengan adanya tunnels maka pengelola kabel FO tidak perlu lagi menggali di sisi jalan yang juga kadang membahayakan pengendara kendaraan. Namun cukup dengan memasang kabel FO di dalam tunnels tersebut.

Pembangunan tunnels tersebut juga akan menghindari kerusakan fasilitas di Ruang Milik Jalan (RMJ). Untuk tahap awal, Bina Marga sudah melakukan studi banding ke DKI Jakarta yang juga sedang membangun tunnels di Jalan Daan Mogot. Untuk tahap pertama tunnels akan dibangun di dua jalan di kota ini yang saat ini sedang disusun Detail Engineering Designnya (DED).

Dua jalan tersebut, yakni di Jalan DI Panjaitan daerah Kampung Kali dan di Jalan Dr Hamka daerah Kecamatan Ngaliyan dan Kecamatan Mijen. “Dua lokasi itu akan dipasang terowongan kecil di bawah tanah untuk menampung dan menempatkan seluruh utilitas milik rekanan,” katanya. (duh)