Home > METRO BERITA > Tekan Kecelakaan Pelajar, Siswa SMAN 1 Dibekali Materi Safety Riding

Tekan Kecelakaan Pelajar, Siswa SMAN 1 Dibekali Materi Safety Riding

image
Pelajar SMAN 1 Semarang mendapat materi safety riding. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Sebanyak 50 pelajar SMA Negeri 1 Semarang mendapat pelatihan safety riding yang digelar di halaman sekolah setempat, Minggu (14/9). Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menekan angka kecelakaan lalulintas yang melibatkan pelajar.

Ketua panitia penyelenggaraan safety riding, Kunmarlina Lubis, M.Pd, dalam pelatihan Safety Riding ini pihaknya juga menyajikan teori dan praktik. “Umumnya dalam teori dijelaskan seputar keselamatan berkendara, pentingnya pemanasan tubuh saat hendak berkendara, kesiapan kendaraan, serta posisi berkendara yang ideal,” tutur Lubis.

Sebanyak 50 siswa mengikuti materi-materi safety riding. Dari kegiatan ini diharapkan muncul niatan dari para siswa untuk membiasakan diri sendiri dalam upaya berkendara dengan aman. Para peserta safety riding SMAN 1 Seamrang ini rata-rata berusia 17 tahun dan yang sudah memiliki surat ijin mengemudi (SIM).

“Buktikan bahwa kita mampu berkendara dengan baik, tidak sembrono, tidak ugal-ugalan, patuh lalu-lintas, dan menghormati sesama pengguna jalan serta memberi contoh positif kepada sesama pengguna jalan,” lanjut Lubis.
 
Kepala sekolah SMAN 1 Semarang, Dra. Kastri Wahyuni, M.Pd menambahkan, pihaknya akan terus melibatkan kepolisian untuk menyebarkan pemahaman safety riding di kalangan pelajar. Sebab, tingkat penggunaan sepeda motor di kalangan pelajar semakin tinggi. Kastri juga mengimbau kepada orang tua untuk lebih bijak memberikan anak sepeda motor.

“Selain tingkat emosional yang labil, tingkat pemahaman tentang safety riding juga masih minim seperti perilaku berkendara, hingga kesadaran melengkapi sepeda motor dengan spion dan pakaian yang aman berkendara yang sering terabaikan,” katanya. (joe)