Home > METRO BERITA > Tekan Macet saat Idul Adha, Polisi Larang Angkutan Barang Beredar di Semarang

Tekan Macet saat Idul Adha, Polisi Larang Angkutan Barang Beredar di Semarang

METROSEMARANG.COM – Untuk menekan kemacetan saat perayaan Idul Adha 1437 Hijriyah, Satlantas Polrestabes Semarang melarang pengemudi angkutan barang melewati pusat Kota Semarang, selama empat hari berturut-turut.

Kemacetan di Jalan Raya Tugu, Kamis (14/4). Polisi melarang angkutan barang melintas di Semarang pada saat long weekend Idul Adha 2016. Foto: metrosemarang.com/dok
Kemacetan di Jalan Raya Tugu, Kamis (14/4). Polisi melarang angkutan barang melintas di Semarang pada saat long weekend Idul Adha 2016. Foto: metrosemarang.com/dok

Kasatlantas Polrestabes Semarang AKBP Catur Gatot Efendi mengatakan, pelarangan angkutan barang itu dimaksudkan untuk mencegah kemacetan sekaligus membantu para pekerja yang sedang memperbaiki titik-titik jalan raya yang rusak.

“Sebab, banyak kemacetan yang berpotensi muncul saat libur Idul Adha nanti,” terang Catur saat dikontak, Kamis sore (8/9).

Pelarangan pengoperasian angkutan barang bakal diberlakukan mulai hari ini Kamis 8 September hingga 12 September nanti. Lebih jauh, untuk menekan kemacetan parah, ia akan memberlakukan rekayasa lalu lintas khususnya truk yang masuk dari arah Jakarta.

Ia bilang saat ini telah menerjunkan 300 personel untuk mendukung peraturan tadi. Ia sudah menggelar apel pasukan untuk disebar di semua ruas jalan raya.

Pasukannya juga dikerahkan mengantisipasi jalur mangkang yang akan masuk tol serta jalur utama. Ia kini sudah membangun pos pemantau lalu lintas di Jerakah, Mangkang dan Jalan Pandanaran, Sam Poo Kong, Lawang sewu.

“Rekayasa lalu lintas akan dilakukan melihat kondisi lalu lintas,” katanya mantap.

Ia menyatakan ada beberapa jalan yang rawan macet salah satunya di kawasan Jrakah sampai Tugu hingga exit tol Krapyak.

Ia pun mengimbau kepada pengguna jalan agar menaati lalu lintas selama libur panjang Idul Adha. Pengguna kendaraan roda empat maupun roda roda dua yang akan melaksanakan liburan ke kota Semarang diharapkan memperhatikan kelayakan kendaraanya. (far)