Home > METRO BERITA > GADGET & TEKNO > Teknologi Ini Memungkinkan Baterai Smartphone Bertahan Seminggu Tanpa Diisi Ulang

Teknologi Ini Memungkinkan Baterai Smartphone Bertahan Seminggu Tanpa Diisi Ulang

METROSEMARANG.COM – Penemuan-penemuan baru selalu hadir untuk meningkatkan masa kerja maupun waktu pengisian baterai smartphone. Teknologi terbaru kini tengah dikembangkan oleh Tim dari University of Central Florida untuk membangun baterai tahan lama yang diklaim punya kekuatan bertahan 20 kali lipat daripada baterai Lithium-ion.

indikator-baerai
Ilustrasi

Seperti dikutip dari PhoneArena, teknologi baterai yang dinamakan supercapacitor tersebut mampu mengisi baterai dalam beberapa saat. Bahkan, perangkat yang digunakan akan sanggup bertahan hingga sepekan tanpa harus diisi ulang

Hal ini dikarenakan supercapacitor tidak membutuhkan reaksi kimia untuk membuat daya listrik. Proyek yang masih dalam tahap prototipe tersebut, dikatakan sanggup memiliki siklus hidup sebanyak 30.000 kali.

Cara kerja dari supercapacitor adalah dengan memungkinkan elektron melewati core ke bagian cangkang. Dengan begitu proses tersebut dikatakan dapat menghasilkan daya dan pengisian yang lebih cepat. “Kami mengembangkan pendekatan sederhana sintesis kimia sehingga dapat mengintegrasikan bahan-bahan yang ada dengan bahan dua dimensi,” kata Eric Jung, Ketua Principal NanoScience Technology Center.

Selain dapat menampung daya yang besar, baterai dengan supercapacitor juga dapat digunakan pada perangkat wearable. Ini karena bentuknya yang fleksibel sehingga dapat mengikuti bentuk dari setiap perangkat.

Satu peringatan besar menurut Jung, adalah bahwa proyek ini belum siap dikomersialisasikan. “Tapi ini adalah demonstrasi bukti-of-konsep. Studi kami menunjukkan ada dampak yang sangat tinggi untuk banyak teknologi,” cetusnya. (twy)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan