Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Teliti Pelanggaran Pemilu, Ketua Bawaslu Jateng Raih Gelar Doktor

Teliti Pelanggaran Pemilu, Ketua Bawaslu Jateng Raih Gelar Doktor

METROSEMARANG.COM – Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah Teguh Purnomo meraih gelar doktoral Ilmu Hukum lantaran mampu menuntaskan uji terbuka oleh beberapa guru besar di Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang.

Uji terbuka gelar doktoral di Universitas Islam Sultan Agung, Jumat (16/9). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Uji terbuka gelar doktoral di Universitas Islam Sultan Agung, Jumat (16/9). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Dalam uji terbuka gelar doktoral tersebut, Teguh Purnomo dicecar sejumlah pertanyaan kritis dari enam guru besar Fakultas Hukum Unisula mulai dari temuan money politic menjelang penyelenggaraan pemilu empat tahunan maupun Pilkada di tiap daerah hingga potensi intimidasi yang kerap dilancarkan tim sukses parpol yang berambisi memenangkam pemilu.

Bahkan, beberapa pakar hukum juga memberondong pertanyaan kepada Teguh ihwal adanya kekhawatiran para pekerja dari Tiongkok yang masuk ke Indonesia untuk mengakomodir suara salah satu pasangan calon di Pilkada 2017 mendatang.

Namun menurut Teguh, semua pelanggaran itu mampu ditekan dengan aksi-aksi pengungkapan di lapangan terutama menggandeng media massa untuk menjatuhi hukuman sosial.

“Agar Bawaslu tidak dianggap macan ompong, maka kami selalu mengungkap semua pelanggaran yang ada saat Pilkada salah satunya bekerjasama dengan media massa untuk memberikam hukumam sosial,” tegasnya, saat berada di ruang uji doktoral lantai 10 Unissula Jalan Kaligawe, Jumat (16/9) pagi.

Saat ini, ia masih merampungkan agenda uji doktoral di kampus Islam tersebut. Teguh Purnomo yang notabene dikenal jadi Ketua Bawaslu paling agresif saat Pilkada serentak 2015 kemarin sebelumnya juga meraih beberapa gelar akademik atas prestasinya tersebut. Uji doktoral akan digelar hingga 11.00 WIB. (far)