Home > METRO BERITA > Tepergok Pungli SIM, Dua Polisi Terancam Dipenjara

Tepergok Pungli SIM, Dua Polisi Terancam Dipenjara

METROSEMARANG.COM – Dua anggota polisi berinisial H dan S kepergok melakukan pungutan liar (pungli) saat melayani pembuatan surat izin mengemudi (SIM) keliling di Jalan Banjarharjo Brebes, Jumat (23/12) pekan lalu. Akibatnya, keduanya kini terancam mendekam dalam penjara.

Foto: Ilustrasi pungli

“Kita lihat ke mana aliran dananya. Dan jika terbukti melanggar tiga kali, maka akan dilakukan penyelidikan sesuai kode etiknya. Hukuman disiplinnya berupa kurungan penjara selama 14 hari,” ungkap Kabid Propam Polda Jateng, Kombes Pol Budi Hariyanto saat dikonfirmasi, Kamis (29/12).

Ia semula mendapati laporan masyarakat bahwa terdapat pungutan di luar ambang batas saat ada layanan SIM keliling di Jalan Banjarharjo. Saat itu, warga menemukan pungutan sampai Rp 210 ribu saat membuat SIM baru. Padahal, dalam ketentuannya, pembuatan SIM baru hanya dikenai biaya tak lebih dari Rp 100 ribu.

“Lalu, warga melapor dan ternyata tertangkap tangkap mereka melakukan pungutan, kemudian kita klarifikasi lengkap dengan menyita semua barang buktinya, sekarang sudah diproses oleh Provos Polda Jateng,” kata Budi.

Di lain pihak, Kapolda Jateng Irjen Pol Condro Kirono menyatakan, sepanjang periode Januari-Desember 2016 petugasnya menemukan 64 kasus pungli di wilayahnya. “Pungli sebanyak itu termasuk penyalahgunaan wewenang jabatan selama bertugas dan tindak pidana pemerasan di instansi pemerintahan,” tegasnya. (far)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link