Home > METRO BERITA > Terima DPA, Dinas Harus Tancap Gas

Terima DPA, Dinas Harus Tancap Gas

METROSEMARANG.COM – Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi meminta seluruh dinas segera melaksanakan rencana kegiatannya setelah menerima Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2017 yang sudah disetujui DPRD Kota Semarang.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi
Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Dia mengakui di awal bulan Januari ini kegiatan belum akan dapat maksimal karena di setiap dinas, baru ada penataan terkait Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Di antaranya belum selesai urusan penempatan staf, belum ada Surat Keputusan pengguna anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen, dan Kuasa Pengguna Anggaran.

Namun dia telah meminta Seketaris Daerah Kota Semarang untuk segera menyelesaikan persoalan tersebut selama satu minggu. ”Dengan harapan agar proses pelelangan untuk rencana kerja dapat dimulai awal bulan Februari,” katanya, Jumat (13/1).

Pihaknya mengingatkan kepada pejabat yang ada di lingkup Pemkot, untuk melakukan rencana kegiatan dengan baik dan benar. Selain itu tidak melakukan pemotongan dana bantuan sosial (bansos) jika tidak ingin berhadapan dengan Aparatur Penegak Hukum.

Lebih lanjut, wali kota yang biasa disapa Hendi juga ingin agar masyarakat ikut mengawasi kinerja pemerintah yang melaksanakan program pembangunan fisik.

”Masyarakat juga harus pro aktif, jika menerima bantuan tidak sesuai kuitansi bisa melaporkan kepada pemkot atau kepolisian. Dalam pembangunan fisik masyarakat juga harus mengawasi, misalnya tidak sesuai spek dalam perencanaan, inspektorat pastii akan masuk (memeriksa),” katanya.

Ditambahkan, di tahun 2017 ini Dinas Pendidikan masih menjadi pengguna anggaran tertinggi dibanding dinas lainnya. Yakni 26 persen dari APBD Kota Semarang yang senilai Rp 4,4 triliun. Disusul kemudian dinas teknis seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perdagangan, dan Dinas Penataan Ruang sebagai pengguna anggaran tertinggi. (duh)