Home > METRO BERITA > Terima Gadai Emas Palsu, Pegadaian Tekor Rp 42 Juta

Terima Gadai Emas Palsu, Pegadaian Tekor Rp 42 Juta

METROSEMARANG.COM – Nekat menggadaikan emas palsu di PT Pegadaian Persero Semarang, Suharni warga Jalan Jatiluhur 294 RT 02 RW 05 Kelurahan Ngesrep Kecamatan Banyumanik Kota Semarang dilaporkan ke polisi.

Ilustrasi
Ilustrasi

Suharni dilaporkan Si Gede Andry Bramanto (35) warga perum Villa Krista Mansion B-12 A RT 02 RW 09 Kelurahan Gedawang Kecamatan Banyumanik yang juga karyawan PT Pegadaian Semarang. Andry menceritakan, saat itu sekitar setahun lalu tepatnya tanggal 9 dan 17 Oktober 2015 Suharni menggadaikan emas di PT Pegadaian cabang Banyumanik.

“Dia menjaminkan beberapa perhiasan di beberapa pegadaian yang berbeda, kemudian pada saat tanggal jatuh tempo barang tersebut tidak diambil,” kata Andry saat melapor ke petugas sentra pelayanan kepolisian terpadu (SPKT) Polrestabes Semarang.

Ia menambahkan, Suharni ternyata sudah berniat untuk tidak menggambil emas yang ia gadaikan. Hingga akhirnya jatuh tempo dan emas terpaksa dilelang. Sebelum dilakukan lelang, baru ketahuan usai diperiksa ternyata emas tersebut palsu.

“Pada saat akan dilelang perhiasan tersebut dicek kembali, dan didapati perhiasan tersebut palsu dan tidak dapat dilelang,” katanya.

Akibat penipuan tersebut, PT Pegadaian mengalami kerugian sebesar Rp 42.664.440. Saat ini, kasus tersebut dalam penyelidikan tim reserse kriminal Polrestabes Semarang. (din)