Home > METRO BERITA > Terkena Jalan Tol Semarang-Batang, SD Tambakaji 03 Dibiarkan Rusak

Terkena Jalan Tol Semarang-Batang, SD Tambakaji 03 Dibiarkan Rusak

METROSEMARANG.COM – SD Negeri Tambakaji 3 Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang, kondisinya memprihatinkan. Tembok bangunan sekolah keadaannya sudah sangat kusam. Ruang kelas juga tergenang air saat hujan. Terparah di ruang kepala sekolah dan ruang kelas 5 dan 6.

SD Tambakaji 03 salah satu sekolah yang terdampak proyek tol Semarang-Batang. Foto: metrosemarang.com/dok
SD Tambakaji 03 salah satu sekolah yang terdampak proyek tol Semarang-Batang. Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala SD Negeri Tambakaji 3, Susilowati mengatakan, kondisi bangunan itu tidak pernah diperbaiki. Hanya dibiarkan dan perawatan sekadarnya. Dinas Pendidikan Kota Semarang tidak menganggarkan perbaikan dalam beberapa tahun terakhir.

”Karena Dinas Pendidikan jauh hari sudah mengetahui, sekolah akan tergusur proyek pembangunan jalan tol Semarang-Batang. Sehingga hanya dilakukan perawatan saja,” kata Susilowati, Selasa (8/11).

Dia mengaku ruang kerjanya sudah sangat tidak layak. Temboknya retak-retak, ruangan pengap dan sumpek. Namun itu tidak masalah jika dia melihat ruang kelas untuk para siswanya belajar. Disebutkan, saat ini tiga ruang kelas siswanya tergenang air ketika hujan.

Hal itu terjadi setelah jalan yang ada di depan sekolah dilebarkan dengan pembetonan. Air hujan yang biasanya mengalir di jalan menjadi masuk lewat pintu gerbang dan menggenangi halaman sekolah. Halaman yang tergenang, mengakibatkan air merembes di dalam kelas.

”Jadi airnya seperti ngetuk keluar dari bawah. Tentunya kelas menjadi tidak nyaman untuk belajar mengajar. Itu terjadi di ruang kelas 5 dan dua ruang kelas 6. Seandianya tidak terkena proyek jalan tol, tentu kami mengajukan anggaran perbaikan,” katanya. (duh)