Home > METRO BERITA > Terkena Janji Palsu Calo PNS, Soetiman Tekor Rp 150 Juta

Terkena Janji Palsu Calo PNS, Soetiman Tekor Rp 150 Juta

ilustrasi
ilustrasi

SEMARANG – Penipuan berkedok dijanjikan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) kembali terjadi. Kali ini menimpa seorang pensiunan PNS bernama Soetiman (59), warga Rendole Indah, RT 06 RW 06, Muktiharjo, Margorejo, Pati.

Kejadian yang dialami korban bermula ketika pertengahan Januari 2010 lalu ia ingin anaknya mempunyai pekerjaan yang mapan, yakni  sebagai seorang PNS. Ia pun diberikan penawaran oleh temannya, Sukemi (50), yang tinggal di Ngaglik Baru, Semarang.

Oleh Sukemi, korban akan dipertemukan Budi Satrio, yang mengaku bisa memberikan kemudahan anaknya untuk menjadi PNS. Kemudian, tanggal 23 Januari 2010,  bersama Sukemi, korban mendatangi Budi (terlapor) di rumahnya di jalan Tampomas II, No. 13, Semarang.

“Pas di rumahnya, Budi itu meminta saya menyediakan uang sekitar Rp. 200 juta untuk keperluan pendaftaran. Saya sanggupi, dan sudah saya berikan 150 juta sebagai titipan jaminan. Dia janji akan segera memberi kabar,” tuturnya saat mengadu kepada petugas Polrestabes Semarang, Jumat (21/11) siang.

Namun ternyata, janji hanya tinggal janji. Beberapa tahun berselang perkataan manis terlapor tak kunjung terjadi. Saat dihubungi oleh korban, terlapor juga sempat mengatakan akan mengembalikan uang tersebut, namun hingga kini tak kunjung ada kejelasan. “Saya sudah bersabar hampir tiga tahun lebih, tapi tidak pernah ada kejelasan,” imbuhnya.

Merasa telah menjadi korban penipuan, korban pun memutuskan melaporkan perbuatan terlapor ke pihak yang berwajib. Dengan nomor laporan LP/B/1840/XI/2014/Jtg/Restabes, ia resmi menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut ke pihak Polrestabes Semarang. (Yas)