Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Ternyata Ini Arti Hiasan Kembang-Manggar dalam Pesta Pernikahan

Ternyata Ini Arti Hiasan Kembang-Manggar dalam Pesta Pernikahan

METROSEMARANG.COM – Dalam sebuah pesta pernikahan di Semarang, kerap kali terlihat hiasan yang berada di belakang kursi pengantin yang biasa disebut dengan Kembang-Manggar. Tidak tanpa alasan, hiasan ini mempunyai arti dan harapan yang dalam bagi kedua mempelai.

Pagelaran Pengantin Semarang di Atrium Mal Ciputra Semarang, Selasa (13/9). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Pagelaran Pengantin Semarang di Atrium Mal Ciputra Semarang, Selasa (13/9). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Menurut Pengurus Himpunan Ahli Rias Pengantin, Adriyani Tresno, penempatan hiasan memiliki makna filosofi untuk yang mulia. Diharapkan, kedua mempelai mampu mengaplikasikan harapan tersebut dalam kehidupan sehari-hari setelah menikah.

“Sebenarnya dipisah antara kembang dan manggar. Kembang berarti warna-warni yang melambangkan keceriaan. Sedangkan manggar yang memiliki rasa manis ini diharapkan kedua mempelai merasakan manisnya pernikahan,” paparnya dalam Pagelaran Pengantin Semarang di Mal Ciputra, Selasa (13/9).

Selain itu, manggar yang diambil dari pohon kelapa ini juga memiliku arti khusus. Pohon kelapa berkarakter lurus dan tidak bercabang. Diharapkan, dalam kehidupan rumah tangga, hati kedua mempelai senantiasa lurus setia dan tidak bercabang ke hati yang lain. (ade)