Home > METRO BERITA > Tertibkan Utilitas, Bina Marga Bangun Tunnels

Tertibkan Utilitas, Bina Marga Bangun Tunnels

image

SEMARANG – Dinas Bina Marga Kota Semarang ingin membuat tunnels (semacam terowongan kecil di bawah tanah) untuk menanam seluruh utilitas seperti kabel listrik, telepon, maupun kabel FO. Rencana ini sebagai bagian dari upaya penataan kota supaya tidak ada lagi kabel melintas di tengah jalan yang dianggap mengganggu pemandangan dan estetika kota.

Kepala Dinas Bina Marga Kota Semarang Iswar Aminudin mengatakan, rencana pembangunan tunnels tersebut akan dimulai pada tahun 2015 mendatang. Tunnels untuk mengakomodasi banyaknya galian kabel FO yang setiap tahunnya selalu ada pengerjaan baru. Selain harus membongkar fasilitas yang ada, pengerjaan galian tersebut tak jarang merusak fasilitas dan tidak diperbaiki lagi seperti semula.

‘’Dengan adanya tunnels, maka pengelola kabel FO nanti tidak perlu lagi menggali di sisi jalan. Namun mereka cukup memasangnya (kabel FO) di dalam tunnels tersebut,’’ katanya.

Pada tahap awal, untuk pembuatan tunnels pihaknya lebih dulu membuat Feasibility Study (FS) dan Detail Engineering Design (DED) di tahun 2015 nanti. Setelah diselesaikannya FS dan DED maka akan dapat dipastikan tunnels sudah dapat dibuat di tahun 2016.

Untuk tahap awal ini, kata Iswar, pembuatan tunnels baru akan dilakukan di jalan-jalan protokol. Seperti di antaranya kawasan Simpanglima, Jalan Pandanaran, Jalan Pemuda, Jalan MH Thamrin serta jalan-jalan propinsi dan jalan nasional. ‘’Teknisnya bagaimana nanti akan kita ketahui dari hasil FS dan DED tersebut,’’ tegasnya. (MS-13)