Home > METRO BERITA > Terungkap, Narkoba yang Beredar di Lapas Kedungpane Dipasok Sipir

Terungkap, Narkoba yang Beredar di Lapas Kedungpane Dipasok Sipir

METROSEMARANG.COM – Geliat peredaran narkoba di penjara sedikit demi sedikit diungkap oleh petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Jateng. Mereka baru-baru ini mampu menyibak aksi penyelundupan sabu yang dilakukan penjaga sel penjara di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IA Kedungpane Semarang.

Ilustrasi. Pemusnahan narkoba di Kantor BNNP Jateng, Minggu (26/6). Foto: metrosemarang.com/dok
Ilustrasi. Pemusnahan narkoba di Kantor BNNP Jateng, Minggu (26/6). Foto: metrosemarang.com/dok

Kepala BNNP Jawa Tengah, Brigjen Pol Tri Agus Heru, menyebut sipir yang kedapatan memasok sabu ke Kedungpane bernama Ari Dwi Ariyanto. “Dia tinggal di Jalan Dr Cipto, Semarang Timur,” kata Tri Agus saat gelar perkara di kantornya, Senin (24/10).

Ari Dwi, katanya sukses dibekuk oleh petugasnya pada Jumat (21/10) sekitar pukul 06.15 WIB pekan lalu. Tak hanya itu saja, petugasnya juga meringkus seorang pria berinisial T yang ikut memasok sabu.

Ia menyatakan untuk mengelabuhi penjagaan ketat di Lapas Kedungpane, pelaku kedapatan memasukan barang laknat itu ke dalam lima bungkusan bubur kincau cokelat. Bungkusan bubur itu lalu dimasukkan ke dalam tas warna merah muda.

Namun penjaga lapas mampu menemukan tiga paket kristal bening diduga sabu seberat 30 gram. Saat digeledah lagi, masih ada sabu 1 gram disembunyikan di dalam mobil Avanza yang dikendarari T.

“Dari hasil pemeriksaan, paket sabu itu akan diserahkan kepada seorang narapidana LP kedungpane bernama Catur Setiono,” ujar Tri Agus lagi.

Catur Setiono ini telah 4,2 tahun mendekam di Lapas Kedungpane. Sabu selundupannya rencananya diedarkan di dalam penjara. “Catur sendiri rutin menjual sabu di Semarang sejumlah 200 gram tiap minggu,” bebernya.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dijerat pasal berlapis yakni Pasal 114 dan 112 dan 132 UU Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. (far)