Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Terungkap, Paket Ganja 20 Kilo Dikirim via Pos Gunakan Manifes Jamu

Terungkap, Paket Ganja 20 Kilo Dikirim via Pos Gunakan Manifes Jamu

METROSEMARANG.COM – Jajaran Polda Jateng mengungkap fakta bahwa paket ganja kering seberat 20 kilogram yang dikirim dari Aceh melalui jasa paket PT Pos Indonesia menggunakan manifes jamu. Selain itu, ganja senilai Rp 80 juta tersebut juga dicampuri asam sunti atau sejenis bumbu dapur khas Aceh dari belimbing wuluh yang dikeringkan.

Paket ganja kering senilai Rp 80 juta yang disita Polda Jateng. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad
Paket ganja kering senilai Rp 80 juta yang disita Polda Jateng. Foto: metrosemarang.com/khoiruddin muhammad

Pelaku yang mengambil barang yakni Restanto (22) alias Tanto warga Kradenen, Grobogan mengaku mengambil paketan tersebut karena disuruh rekannya bernama Eko (30) warga Kabupaten Blora. Tanto pun mengaku belum mengetahui akan diberi upah berapa jika berhasil mengambil paketan tersebut.

“Pas ngambil bilangnya ngambil paketan gula Jawa, setelah itu pokoknya nanti dikasih upah,” kata Restanto yang berprofesi sebagai kuli bangunan saat gelar perkara di Mako Ditresnarkoba Polda Jateng, Jumat (2/9).

Wakil Direktur Ditresnarkoba Polda Jateng, AKBP Cornelius Wisnu Adji Pamungkas kepada wartawan mengungkapkan, dari hasil penangkapan tersebut pihaknya akan melakukan pengembangan terkait jaringan narkoba dari Aceh hingga ke wilayah Jawa Timur.

Selain itu, lanjutnya, pihaknya mengaku sudah menjalin kerjasama dengan Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik (Asperindo) baik swasta maupun pemerintah hingga pihak bea cukai. Untuk status keduanya, saat ini masih terduga karena masih akan mengikuti gelar perkara.

“Motif mereka masih kita dalami lebih lanjut, kita masih kembangkan lagi jaringanya termasuk sistem pembayaran. Langkah selanjutnya akan kita kembangkan ke wilayah Jawa Timur,” tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, Direktorat Reserse Narkoba Polda Jawa Tengah menyita puluhan kilogram narkoba jenis ganja kering, Kamis (1/9). Ganja tersebut, dikirim dari Aceh melalui agen ke Kantor Pos Purwodadi Kabupaten Grobogan.

Seorang pria yang mengambil barang tersebut diketahui bernama Restanto alias Tanto (22) warga Kradenan Grobogan ikut ditangkap. Penangkapan dilakukan di depan kantor pos sekitar pukul 08.00. (din)