Home > METRO BERITA > Terusik Bau Sampah, Siswa SDN Srondol Wetan 04 Tak Bisa Belajar

Terusik Bau Sampah, Siswa SDN Srondol Wetan 04 Tak Bisa Belajar

TPS Pasar Rasamala inilah yang dikeluhkan siswa SD Srondol Wetan 04. Foto Metrosemarang
TPS Pasar Rasamala inilah yang dikeluhkan siswa SD Srondol Wetan 04. Foto Metrosemarang

SEMARANG – Siswa SD Negeri Srondol Wetan 04 mengeluhkan bau sampah yang berasal dari Tempat Pembuangan Sementara (TPS) Pasar Rasamala. Mereka terpaksa menggunakan masker untuk menahan bau menyengat yang dihasilkan dari limbah rumah tangga tersebut. Kondisi ini tentu saja mengganggu konsentrasi belajar siswa setempat.

TPS yang hanya berjarak 5 meter dari pagar sekolah itu menampung sampah dari warga di sekitar sekolah yang terletak di Jalan Rasamala Raya Kompleks Perumnas Banyumanik. Fasilitasnya adalah kontainer sampah milik Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Semarang. Serta bak sampah dari tembok yang tingginya kurang lebih 1 meter, yang kondisinya sudah retak.

“Tidak enak pakai masker, tapi mau bagaimana lagi. Baunya tidak enak, kalau tidak pakai masker mual dan pusing,” kata Vemorina Rajunita (11) siswi sekolah tersebut.

Ditambah, TPS Pasar Rasamala Warga bersebelahan dengan TPS yang menampung sampah pasar. Kedua TPS tersebut berbeda pengelolaan. TPS Pasar Rasamala Warga, diurus oleh Pemerintah Kecamatan Banyumanik dengan kelengkapan dari DKP Kota Semarang.

Sedangkan TPS yang menampung sampah dari Pasar Rasamala diurus oleh rekanan yang bekerjasama dengan DKP Kota Semarang.

“Sampah itu biasanya pukul 08.00, baunya paling menyengat. Anak-anak baru mulai belajar di jam itu. Kalau begini terus, kami tidak bisa melaksanakan kegiagan belajar mengajar dengan baik,” kata Kepala SD Negeri Srondol Wetan 04, Widji Handani.

Camat Banymanik, Kukuh Sudarmanto mengatakan pihaknya sudah melakukan pengambilan rutin sampah dari TPS Pasar Rasamala. Namun bau sampah belum berkurang. (MS-06)