Tetap Modis dengan Batik Lurik

METROSEMARANG.COM – Seiring perkembangan zaman, dunia fashion juga mengalami perubahan mode. Seperti pada batik lurik, yang dulu hanya dipakai untuk acara formal, kini batik lurik dapat digunakan untuk acara yang lebih santai.

Fashion Show Batik Heroes and Exhibition di Hotel Harris, Rabu (7/3). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Jawa Tengah, Arif Sambodo mengatakan, saat ini banyak anak muda yang mengenakan batik dengan celana jins. Padahal, dahulu perpaduan dua jenis kain tersebut dianggap tidak cocok.

Dalam fashion show di Hotel Harris, Rabu (7/3) petang, terlihat desainer Ina Priyono dan Komunitas Benik (komunitas desainer muda) memadukan batik lurik menggunakan kain dengan warna yang cerah. Ada pula yang memberikan sentuhan modern dengan bawahan berbahan jins.

“Yang paling penting adalah inovasi dan kreasi dari pembuat. Itulah yang dicari pada pembeli, terutama anak muda,” katanya dalam Fashion Show Batik Heroes and Exhibition.

Selain itu, untuk mendorong penjualan, para produsen disarankan untuk memanfaatkan e-commerce agar jangkauan pasarnya menjadi lebih luas. Prospek penjualan di pasar online dirasa masih sangat terbuka.

Tidak hanya dikreasikan sebagai busana, batik juga dapat dikreasikan menjadi barang bernilai lain, antara lain pajangan rumah ataupun pernak pernik kecil seperti tempat tisu. (ade)