Tiga Parpol Asal-asalan saat Daftar Pemilu 2019

METROSEMARANG.COM – Tiga partai politik (parpol) di Kota Semarang kedapatan tidak lolos persyaratan saat mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2019. Ketiga partai tersebut ialah Partai Idaman, PKP Indonesia dan Hanura.

Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono
Ketua KPU Kota Semarang Henry Wahyono
Foto: metrosemarang.com/dok

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Henry Wahyono mengatakan Partai Idaman tidak dapat menunjukan kelengkapan berkas pendaftaran sesuai yang disyaratkan oleh Sipol KPU.

Anggota partai besutan Raja Dangdut Rhoma Irama itu hanya mampu membawa beberapa lembar contoh KTA-nya. “Itu pun belum diserahkan kepada kita,” ungkap Henry, di hari penutupan verifikasi parpol peserta Pemilu 2019 di kantornya, Selasa (17/10).

Ia bahkan menyebut bahwa pengurus PKP Indonesia malah menunjukan angka 1393 sebagai simbol anggota. Namun, setelah cek ulang identitas dirinya, hanya ada empat orang.

“Jadi dibalik-balik. Satu orang bisa terdiri beberapa ratus nama atau nomor,” tuturnya.

Hanura Kota Semarang, menurutnya juga tampak asal-asalan saat mendatarkan diri ke kantornya. Partai yang didirikan oleh Jenderal (purn) Wiranto ini juga tidak bisa menyerahkan dukungan 1.000 anggotanya.

“Menyerahkan namanya tapi tidak bawa fotokopi KTP, cuma fotokopi SIM,” imbuhnya.

Diluar tiga partai itu, sampai sekarang sudah ada 13 berkas parpol yang dinyatakan lengkap oleh pihaknya.  Yakni Perindo, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), PDI Perjuangan, Partai Garuda, Partai Demokrat, Partai Berkarya, dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

“Yang harus melakukan perbaikan 1×24 jam Partai Bulan Bintang (PBB),” tukasnya.

Ia menambahkan bahwa verifikasi parpol Pemilu 2019 masih bisa diperbaiki dalam rentang waktu 1×24 jam hingga pukul 00.00 WIB dini hari nanti. (far)

Post Author: Tri Wuryono