Home > METRO BERITA > Tiga Proyek Jalan Bina Marga Terancam Molor

Tiga Proyek Jalan Bina Marga Terancam Molor

METROSEMARANG.COM – Dari 67 paket pekerjaan jalan dan jembatan Dinas Bina Marga Kota Semarang di tahun ini, ada tiga proyek jalan yang pengawasannya butuh ekstra secara harian. Dikarenakan hingga mendekati akhir tahun progresnya baru 50 persen.

Proyek perbaikan Jalan Woltermonginsidi diharapkan bisa rampung akhir tahun ini. Foto: metrosemarang.com/dok
Proyek perbaikan Jalan Woltermonginsidi diharapkan bisa rampung akhir tahun ini. Foto: metrosemarang.com/dok

Tiga proyek jalan tersebut yaitu peningkatan Jalan Woltermonginsidi senilai Rp 25,3 miliar, peningkatan Jalan Tlogosari Raya tahap II senilai Rp 14 miliar, dan peningkatan Jalan R Soekanto, Sumurboto senilai Rp 4,8 miliar.

Kepala Dinas Bina Marga Kota Semarang, Iswar Aminnudin mengatakan, ketiga pekerjaan jalan itu pengawasannya dilakukan secara harian. Karena dikhawatirkan hingga batas akhir masa kerja pada pertengahan Desember tidak bisa selesai.

”Tiga paket pekerjaan itu sebenarnya lancar, seperti yang lain. Tapi karena kontraknya belakangan jadi harus diawasi secara ekstra, baik dari dinas, pengawas maupun dari konsultan,” katanya, Kamis (17/11).

Pihaknya berharap pekerjaan jalan itu bisa diselesaikan tepat waktu seperti lainnya. Selain itu, evaluasi akan dilakukan dari seminggu sekali menjadi setiap hari, supaya waktu yang tersisa kurang dari dua bulan bisa dimaksimalkan kontraktor.

Karena sekarang sering turun hujan kontraktor harus memanfaatkan waktu selama 24 jam selesaikan pekerjaan. Hujan tidak bisa jadi alasan untuk pekerjaan molor. Jika molor maka kontraktor terancam diblacklist.

”Jika tidak bisa kerja pagi hari karena hujan, bisa sore atau malam hari. Menambah tenaga kerja, material, dan peralatan,” tandas Iswar. (duh)