Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Tim Aksi Cepat Tanggap Undip Latih Anak SD Antisipasi Bencana

Tim Aksi Cepat Tanggap Undip Latih Anak SD Antisipasi Bencana

METROSEMARANG.COM – Divisi Komunikasi UKM Peduli Sosial Undip mengadakan Sekolah Kebencanaan yang bertempat di SDN Gedawang 01 Banyumanik, Semarang. Sekolah Bencana ini berlangsung pada Sabtu (22/10) dan menjadi kegiatan rutin setiap tahun.

Sekolah Kebencanaan di SD Gedawang. Foto: metrosemarang.com/istimewa
Sekolah Kebencanaan di SD Gedawang 01. Foto: metrosemarang.com/istimewa

Acara yang sudah berlangsung untuk kali kedua ini mengusung tema Edukasi Siaga Bencana Sejak Dini bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT). Diharapkan melalui simulasi yang sering dilakukan, ketika terjadi bencana akan menjadi kebiasaan dan menciptakan perilaku yang cerdas, cepat, dan tanggap untuk anak-anak saat terjadi bencana.

Terdapat beberapa rangkaian acara, yaitu senam bersama, pemutaran video dan pembacaan dongeng, edukasi serta simulasi tanggap bencana, dan ditutup dengan pembagian susu gratis.

Program kerja ini bekerjasama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT). Sebanyak 44 anak kelas 3 Sekolah Dasar menjadi peserta acara ini. Pihak sekolah pun antusias saat acara ini berlangsung.

“Acaranya bagus, bisa memberikann edukasi kepada anak-anak SD Gedawang 01 jadi mereka lebih paham jika terjadi bencana. Anak-anak SD di sini juga senang saat dikasih materi tanggap bencana dari UKM Peduli Sosial Undip karena mereka tidak hanya mendapat materi tanggap bencana tetapi juga diajak bermain dengan adanya simulasi yang diberikan,” ujar wali kelas di SDN Gedawang 01 Banyumanik, Umi Nurhayati, Rabu (26/10).

Ketua acara Sekolah Kebencanaan 2016, Intan Novita Widyastuti berharap acara ini dapat terus berlangsung secara rutin setiap tahunnya dengan menambahkan inovasi-inovasi terbaru. Dengan demikian diharapkan dapat menambah wawasan bagi anak-anak mengenai bahaya bencana, dan dapat memotivasi orang lain untuk melakukan aksi sosial secara nyata. (ade)