Home > METRO BERITA > Tim Damkar Kota Semarang Juara Hose Laying Nasional

Tim Damkar Kota Semarang Juara Hose Laying Nasional

METROSEMARANG.COM – Tim Pemadam Kebakaran Kota Semarang berhasil memenangkan Kejuaraan Skill Competition. Mereka telah membuktikan menguasai tiga skill dasar dalam pertolongan bencana kebakaran yaitu cepat, tepat dan sigap.

Mendagri Tjahjo Kumolo menyerahkan penghargaan kepada Tim Damkar Kota Semarang. Foto: istimewa

Lomba tingkat nasional itu digelar dalam rangka peringatan HUT ke-98 Pemadam Kebakaran Nasional (Damkarnas) yang digelar di Silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Rabu (1/3) lalu.

Dalam apel besar tersebut kurang lebih 1.500 personel Damkar se-Indonesia berpartisipasi dan mengikuti berbagai lomba ketangkasan. Tim Pemadam Kota Semarang berhasil mengalahkan 44 tim lain perwakilan dari kota/kabupaten se-Indonesia.

Mereka meraih tropi berwujud hydrant dan piagam penghargaan juara I skill competition kategori hose laying yang diserahkan langsung oleh Mendagri, Tjahjo Kumolo.

Dalam kejuaraan tersebut, setiap tim yang terdiri dari 12 personel membuktikan kecepatan dalam melakukan penyelamatan korban sekaligus memadamkan api. Keahlian dan keterampilan dalam penyelamatan korban dan pemadaman ini merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap personil pemadam.

Keberhasilan tim pemadam kebakaran Kota Semarang ini merupakan prestasi pertama yang diharapkan terus dipertahankan. Namun tahun sebelumnya, Pemkot Semarang berhasil menyabet piagam penghargaan atas prestasinya mencegah dan menanggulangi kebakaran di permukiman, gedung publik, dan pabrik.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi langsung memberikan apresiasi kepada tim Damkar. ‘’Penghargaan tersebut merupakan bentuk kerja keras tim selama ini dalam melayani masyarakat. Itu tidak mudah karena diperlukan ketangkasan, ketanggapan serta soliditas diantara tim,’’ katanya, Minggu (12/3).

Diterimanya penghargaan tersebut, wali kota yang disapa Hendi ini berharap ke depan jajaran Damkar Kota Semarang dapat mempertahankan prestasinya. (duh)