Home > METRO BERITA > Tim SMA 3 Semarang Sabet Juara II Asia Pasific Company of the Year

Tim SMA 3 Semarang Sabet Juara II Asia Pasific Company of the Year

METROSEMARANG.COM – Siswa-siswi SMA Negeri 3 Semarang yang menjadi wakil Indonesia sukses sabet juara dua dalam ajang Asia Pasific Company of the Year (Apcoy) di Jepang. Delegasi SMA 3 yang membawa nama perusahaan 3GSC berhasil menyingkirkan 18 tim dari 13 negara se Asia Pasifik dalam bidang perusahaan siswa atau student company.

Tim 3DSC berfoto bersama usai raih juara dua dalam ajang Apcoy di Jepang. Foto: metrosemarang.com/istimewa

Camelia Gaby, juru bicara 3DSC menuturkan ia dan rekannya sangat senang dan bangga bisa meraih juara dua. Kendati target juara satu belum tercapai namun dengan raihan sebagai juara dua sudah sangat menggembirakan. Terlebih mereka adalah satu-satunya wakil Indonesia.

“Kami rasa tiap tahun ada satu hal yang juri cari, tahun lalu IT tapi tahun ini sepertinya adalah kontribusi perusahaan siswa bagi lingkungan dan masyarakat,” beber Gaby saat ditemui metrosemarang.com di lobi SMA 3, Selasa (28/2).

Menurutnya produk Tas Trilogic mereka telah mengaplikasikan teknologi juga kontribusi bagi masyarakat. Namun bentuk kontribusi dengan memberdayakan penjahit lokal ternyata belum memuaskan juri sehingga mereka hanya mampu meraih juara dua. Sementara tim Thailand yang memanfaatkan bekatul sebagai wadah multiguna dinilai bisa maksimal dalam kontribusinya bagi masyarakat.

“Sepertinya karena Thailand mampu mengolah bekatul jadi tempat pensil, ponsel dan lain-lain, juga mengurangi limbah bekatul itu sendiri makanya mereka bisa juara satu,” imbuh Gaby.

Meski demikian, Gaby mengaku banyak sekali pelajaran yang dapat diambil dari lomba tersebut. Selain itu ia dan rekannya juga sadar jika teknologi karya siswa Indonesia ternyata setara dengan karya negara lain seperti Korea juga Jepang.

Tim 3DSC yang terdiri dari 14 siswa Smaga juga berhasil menjual 8 buah tas dalam pameran produk di sana. Bahkan salah satu pembeli Tas Trilogic mereka adalah direktur perusahaan besar di Jepang.

Ke depannya Gaby dan rekannya akan berusaha meningkatkan kualitas produk sesuai saran dan masukan dari juri. Yaitu dengan mrmperhatikan aspek kontribusi kepada masyarakat dan lingkungan.

“Tentunya kami ingin makin meningkat, termasuk dengan mengikuti berbagai lomba bisnis dan kewirausahaan lainnya,” tandas Gaby. (vit)