Home > METRO BERITA > Tinggalkan Narkoba, Mantan Pecandu Merintis Usaha Pizza

Tinggalkan Narkoba, Mantan Pecandu Merintis Usaha Pizza

METROSEMARANG.COM – Raut ceria terpancar dari wajah penghuni Rumah Damping Astama Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah di Jalan Nangka Barat 2 Lamper Kidul Kota Semarang, Kamis (26/10). Hari itu para mantan pecandu narkoba tersebut mendapat pelatihan memasak pizza, langsung dari Budi Isriyanto, seorang pengusaha lokal Semarang.

Pelatihan membuat pizza di Rumah Damping Astama BNN Jateng. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Wawan Irawan (24), salah satu mantan pecandu mengaku baru pertama kali berlatih membuat pizza. Ia mengalami kesulitan saat membuat lapisan adonan di dalam loyang.

“Yang sulit itu pas mbikin adonannya yang dibentuk lingkaran di dalam loyang, harus dipijitin berkali-kali biar bisa rata,” ujar Wawan.

Namun ia mengaku senang bisa mengikuti pelatihan tersebut. Bahkan, ia berencana akan merintis usaha pembuatan pizza ketika selesai menjalani pendampingan.

Selain itu, Wawan juga mengaku sangat bersyukur bisa menjalani pendampingan dan bisa terlepas dari penggunaan obat-obatan terlarang. Wawan berkisah, sebelum mengikuti program pendampingan di Rumah Damping BNNP Jateng ini, ia sempat menjalani rawat jalan di RSUD Jepara.

“Alhamdulillah berkat mengikuti kegiatan di rumah damping ini saya bisa lepas dari obat-obatan, dan saya berharap ke depan juga bisa seperti ini,” bebernya.

Sementara, Kepala Seksi Paska Rehabilitasi BNNP Jateng, Sardiyanto mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya membekali para mantan pecandu untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Selain itu juga untuk meningkatkan produktivitas dalam diri mereka.

“Mereka juga diajarkan untuk memasarkan, jadi tidak hanya membuat saja namun mereka juga bisa berjualan. Kemarin juga ada belajar membuat ramen, membuat seblak dan beberapa lainnya. Sehingga jika nantinya mereka sudah keluar dari sini bisa merintis usaha sesuai dengan apa yang mereka suka,” tukas Sardiyanto. (fen)