Home > Berita Pilihan > Tingkatkan Kenyamanan, Trans Semarang Gandeng Moovit

Tingkatkan Kenyamanan, Trans Semarang Gandeng Moovit

METROSEMARANG.COM – Untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jasa, Trans Semarang resmi menggandeng Aplikasi Moovit. Aplikasi angkutan umum ini sudah banyak dipakai di beberapa negara di dunia.

Seorang pengguna jasa Trans Semarang memantau kedatangan bus dengan aplikasi Moovit di smartphone. Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Aplikasi yang tujuannya membantu pengguna transportasi massal ini sudah dapat diimplementasikan di trayek Trans Semarang koridor I-VI. Dan per tanggal 9 Agustus ini secara trial para pengguna jasa Trans Semarang sudah dapat menggunakan aplikasi ini di smartphone mereka.

”Aplikasi besutan Silicon Valley ini membantu memperoleh informasi pilihan rute, posisi armada, waktu kedatangan, waktu tempuh, dan titik transit,” kata Ade Bhakti Plt Kepala BLUD Trans Semarang Dinas Perhubungan Kota Semarang, Rabu (9/8).

Selain itu, saat ini Moovit telah digunakan oleh kurang lebih 70 juta pengguna di seluruh dunia yang mencakup 1.400 kota di 72 negara dan menggunakan 47 bahasa serta didukung oleh ribuan komunitas lokal.

Hal ini yang menjadi daya tarik Pemerintah Kota Semarang menggandeng Moovit sebagai aplikasi yang sudah punya reputasi dan pengguna setia puluhan juta di dunia. Tujuannya supaya makin banyak masyarakat yang tertarik menggunakan transportasi massal dalam hal ini BRT Trans Semarang.

Hal itu juga sejalan dengan apa yang sudah dicanangkan pemerintah terkait dengan Transportasi Massal yang aman, nyaman dan murah. ”Dengan adanya aplikasi ini kami harapkan penumpang atau pengguna jasa layanan kami bisa lebih nyaman. Karena mereka dapat merencanakan perjalanannya dengan tepat waktu,” ujar Ade Bhakti seperti dalam rilis kepada┬ámetrosemarang.com, Rabu (9/8).

Ini juga menurutnya sebagai sarana untuk pembelajaran masyarakat pengguna jasa BRT Trans Semarang supaya tidak berdesak-desakan di shelter pada jam-jam sibuk. Karena mereka sudah tahu persis kapan dan bus koridor nomor lambung berapa yang harus mereka naiki sesuai dengan rencana perjalanannya.

”Pengguna jasa bisa mengaktifkan aplikasi ini di mana saja. Dan selanjutmya akan diberi beberapa pilihan terkait moda transportasi yang akan mereka gunakan beserta pilihan waktu keberangkatan atau kedatangan,” imbuhnya.

Aplikasi ini merupakan penyederhanaan aplikasi sebelumnya. Yang mana aplikasi sebelumnya hanya bisa untuk tracking bus Trans Semarang. Sedangkan aplikasi ini notabene sudah punya nama besar dan pelanggan setia serta terus berkembang, Moovit juga bisa menampilkan seluruh moda transportasi yang ada di suatu kota.

Ade Bhakti menambahkan, nantinya Moovit ini selain memudahkan informasi bagi pengguna jasa, juga sebagai mitra untuk memperbaiki pelayanan Trans Semarang, karena pada aplikasi ini disediakan ruang untuk pengguna jasa menyampaikan keluhan terhadap aplikasi ini maupun pelayanan Bus Trans Semarang.

Rencana Aplikasi ini akan dilaunching Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi pada tanggal 17 Agustus mendatang berbarengan dengan Launching TCash Semarang Hebat. (duh)

Tinggalkan Balasan

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link