Home > METRO BERITA > Tinjomoyo Jadi Kelurahan Siaga Bencana

Tinjomoyo Jadi Kelurahan Siaga Bencana

Simulasi Penanggulangan Bencana Kel. Tinjomoyo (foto: Metro)
Simulasi Penanggulangan Bencana Kel. Tinjomoyo (foto: Metro)

 

SEMARANG – Setelah dibekali teori penanggulangan bencana selama dua hari dan sehari dipraktikkan dalam simulasi, Kelurahan Tinjomoyo resmi menjadi Kelurahan Siaga Bencana (KSB). Predikat itu diberikan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Semarang, yang sekaligus memberi pembekalan.

Pada simulasi Kamis (14/8), warga Tinjomoyo mempraktikkan penyelamatan korban tanah longsor yang tertimpa pohon. Mereka membuat tandu darurat dengan karung dan bambu. Ada warga yang bertugas membersihkan jalur penyelamatan, ada yang bertugas menggotong korban.

“Terpenting menjaga keutuhan tubuh korban. Ini pertama kali warga diberi pelatihan penanggulangan bencana. Sebelumnya, warga hanya bisa panik saat ada bencana. Sekarang bisa melakukan sesuatu,” kata Ketua KSB Tinjomoyo Agus Mulyadi.

Pelatihan penanggulangan bencana tanah longsor itu disesuaikan dengan karakteristik bencana di wilayah tersebut. Daerah Tinjomoyo memang rawan longsor. Tahun 2011 silam, ada satu korban meninggal akibat bencana longsor. (MS-06)