Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Tips Agar Kacamata Panjang Umur

Tips Agar Kacamata Panjang Umur

ilustrasi
ilustrasi

 

Bagi Anda pengguna kacamata, menjaga keutuhan alat bantu penglihatan yang Anda miliki adalah sebuah keharusan. Jangan sampai kacamata Anda sudah tidak layak pakai sebelum saatnya berganti kacamata. Agar kacamata awet dan tetap berfungsi dengan baik, perhatikan tips ini ya.

1. Jangan gunakan satu tangan untuk melepas kacamata

Salah satu masalah yang biasa terjadi pada kacamata adalah gagang patah. Lazimnya hal ini terjadi karena saat menggunakan atau melepas kacamata, kita hanya menggunakan satu tangan. Melepas kacamata dengan satu tangan juga dapat mengendurkan gagang kacamata, sehingga bisa berpengaruh pada kenyamanan kita saat menggunakannya. Selalu gunakan dua tangan untuk melepasnya.

2. Jangan bersihkan kacamata dengan tisu

Tisu wajah terbuat dari kayu. Meskipun lembut, namun partikel kayu yang terdapat dalam lembaran tisu dapat menggores kacamata. Sebaiknya hanya gunakan kain khusus kacamata, biasanya terbuat dari mikrofiber, untuk membersihkan kacamata Anda.

3. Jangan gunakan pembersih kaca

Anda dapat membersihkan kacamata dengan menggunakan sabun cuci piring yang telah dilarutkan dengan air. Hindari penggunaan pembersih kaca sebab produk ini mengandung amonia atau alkohol yang dapat merusak lapisan kacamata Anda.

4. Simpan kacamata di kotak saat tidak digunakan

Kebiasaan meletakkan kacamata dengan lensa terletak di bawah dapat membuat kacamata lecet. Maka setelah tidak menggunakan, letakkanlah kacamata di wadahnya.

5. Hati-hati mengelap kacamata setelah terkena pasir pantai

Hal ini hanya akan membuat kacamata Anda lecet tergores pasir. Sebaiknya, basahi kacamata dengan air baru kemudian lap menggunakan kain bersih. Hindari menggunakan air laut, sebab partikel garam dalam air laut juga dapat menggores kacamata Anda.

6. Jangan gunakan kacamata di kepala

Meletakkan kacamata di kepala dapat membuat gagangnya kendur. Selain itu, minyak dari rambut dapat mengotori lensa kacamata.

Merawat kacamata tidak sulit, namun membutuhkan ketelatenan dari kita yang memakainya. Karena fungsinya yang begitu penting, tidak ada salahnya memaksa diri untuk memberi perhatian lebih pada perawatan kacamata agar umurnya pun panjang. (Ren)