Home > METRO BERITA > KULINER > Tips Berpetualang ke Museum

Tips Berpetualang ke Museum

ilustrasi
ilustrasi

 

Sebelum menengok bangunan-bangunan klasik penuh nilai historis dan kepingan sejarah dari setiap koleksinya,ada baiknya para calon petualang melakukan persiapan terlebih dahulu. Tujuannya tidak lain adalah agar penjelajahan bisa lebih asyik dan bermakna. Kami memiliki beberapa tips dari museumranggawarsita.com, yang bisa dilakukan wisatawan yang akan berkunjung ke beberapa museum, agar dalam perjalanan merasa nyaman dan tidak terkendala baik dari dalam dan luar diri wisatawan. Yuk, simak apa yang mesti dilakukan sebelum berwisata ke museum!

o    Kondisi tubuh yang bugar menjadi modal awal dalam melakukan penjelajahan.

o    Sebelum menyambangi tempat bersejarah, ada baiknya sang petualang mengumpulkan informasi terlebih dahulu tentang sejarah bangunan/museum dan tema yang diusung museum lewat internet atau buku-buku yang membahas tentang museum yang kita tuju.

o    Mengenakan pakaian kasual. Hindari kaos berwarna hitam karena beberapa daerah cuacanya sangat panas, belum lagi perjalanan bakal cukup melelahkan. Pasti tidak nyaman kalau pakaian yang kita pakai tidak menyerap keringat dan menimbulkan bau menyengat bagi sekitar. Makanya, topi juga sangat menolong kala berada di luar ruangan pada siang hari. Untuk alas kaki, ada baiknya memakai sandal atau sepatu kets agar lebih leluasa untuk bergerak. Tidak dianjurkan memakai hak tinggi yang menyebabkan kaki kita lecet dan rentan terkena bahaya misal: terpeleset, bagian pengait sepatu terlepas dan tidak ada ganti yang dibawa. Makanya aman pakai sepatu kets dan sandal gunung.

o    Handuk kecil atau sapu tangan. Silahkan dibawa untuk menyeka keringat. Tidak dianjurkan membawa tisu selain penggunaan yang tidak ramah lingkungan juga menyebabkan sampah bertebaran di mana-mana.

o    Kamera, handycam atau alat pendokumentasian yang lain tentu wajib dibawa agar kita bisa mengabadikan objek-objek, momen-momen penting, dan menyimpan kenangan dalam bentuk visual.

o    Disarankan untuk tidak membawa perhiasan yang berlebihan dan uang secukupnya.

o    Alat tulis, notes atau tablet. alat-alat ini baiknya dibawa, karena siapa tahu ada informasi penting yang mesti dicatat dari apa yang didapatkan selama perjalanan.

o    Air minum dan makanan kecil. Keduanya sangat dibutuhkan. Rasa dahaga pasti akan menyerang saat perjalanan. Makanan kecil lumayan untuk mengganjal perut.

o    Gunakan jasa pemandu untuk menemani perjalanan anda selama melakukan perjalanan di Museum.

Setelah semua bekas disiapkan, lalukan perjalanan dan selamat menikmati pengalaman yang menyenangkan. (mam)