Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Tips Mengatasi Polusi Udara di Dalam Rumah

Tips Mengatasi Polusi Udara di Dalam Rumah

METROSEMARANG.COM – Sampah atau kotoran rumah tangga mudah terlihat. Tapi, bagaimana dengan polusi udara di dalam ruangan rumah? Polusi udara yang beredar di dalam ruangan sulit untuk dideteksi. Hal ini biasanya menjadi masalah sebagaian besar hunian. Memiliki masalah dengan polusi udara, tapi sang penghuni tidak menyadarinya.

Ilustrasi
Ilustrasi

Banyak orang baru menyadari udara di rumah mereka kurang baik setelah kesehatan mereka terganggu. Dirangkum dari rumahku.com, ada tiga sumber yang mungkin tidak pernah Anda sadari sebelumnya, menjadi pemicu timbulnya polusi udara di ruangan rumah.

Pertama, lilin dan pembersih beraroma lemon. Lilin dan pembersih beraroma lemon, kehadirannya memang akan membuat bau di rumah jadi menakjubkan, segar dan menenangkan. Sayangnya bahan utama untuk membuat produk ini adalah bahan kimia organik yang mudah menguap atau mengandung  VOC (Volatile Organic Compound).

VOC akan sangat berbahaya bila bercampur dengan ozon paling dasar. Kolaborasinya membentuk formaldehida, karsinogen penyebab penyakit kanker. Lalu bagaimana jika rumah Anda sudah terpapar zat berbahaya tersebut.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan tentunya menyingkirkan produk-produk yang mengandung zat kimia berbahaya. Selanjutnya, maksimalkan fungsi ventilasi udara di rumah Anda.

Solusi berikutnya, Anda dapat menaruh tanaman yang memiliki kemampuan menyedot VOC dari udara. Tanaman spider plant sangat tepat untuk Anda gunakan, tanaman ini sangat berguna untuk mengurangi kadar kimia di udara.

Kedua, tentunya asap rokok, bahkan rokok elektronik sekalipun. Rokok elektronik mungkin tidak terlalu berbahaya seperti rokok tembakau, tapi tetap saja asapnya meruak kualitas udara.

Hal yang tidak Anda sadari, zat berbahaya dari asap rokok memiliki dampak buruk yang panjang.

Zat asap rokok akan menciptakan residu yang melekat lama pada berbagai benda di ruangan.  Zat yang melekat ini sangat berbahaya, karena akan terus melepaskan zat beracun hasil dari asap rokok selama berhari-hari, minggu, bulan, bahkan ada yang bertahun-tahun.

Lebih buruk lagi, saat zat beracun tersebut bercampur dengan bahan kimia lainnya di udara. Contoh, saat bercampur dengan asam nitrit, hasil dari pembakaran gas saat memasak, ini akan sangat berbahaya jika Anda hirup.

Lalu dapatkah Anda membersihkan zat berbahaya hasil paparan dari asap rokok, jawabannya: bisa ya, bisa tidak. Satu hal yang harus diingat, zat berbahaya dari asap rokok sangat mudah melekat dengan permukaan berpori, jadi jika sudah telanjur melekat teramat sulit dibersihkan.

Jika Anda sudah merokok di rumah Anda selama bertahun-tahun, maka terpaksa Anda harus mengganti segala sesuatu barang yang memiliki permukaan berpori layaknya sofa, karpet, dan lain-lain. Jangan lupa juga untuk membersihkan atau mencuci dinding rumah Anda untuk mengurangi bahaya dari zat kimia yang melekat. (*)