Home > METRO BERITA > KULINER > Toko H Spiegel, Toko Terlaris di Semarang Tempo Doeloe

Toko H Spiegel, Toko Terlaris di Semarang Tempo Doeloe

 

Gedung H Spiegel tampak dari luar sebelum direnovasi (foto: Akhyar Fikri/Lopen Semarang)
Gedung H Spiegel tampak dari luar sebelum direnovasi (foto: Akhyar Fikri/Lopen Semarang)

Di dekat Taman Srigunting, Kota Lama Semarang, berdiri sebuah bangunan kuno yang pernah jaya di masanya. Bangunan yang dimaksud adalah gedung Spiegel. Gedung bergaya Spanyol ini dulunya adalah sebuah toko yang cukup laris dikunjungi warga Semarang kala itu.

Toko Spiegel awalnya adalah milik Addler. Dia membangun gedung toko ini pada tahun 1895. H Spiegel awalnya adalah manajer di toko ini. Tahun 1900, H Spiegel mengambil alih kepemilikan toko ini.

Barang-barang yang dijual di toko milik H Spiegel antara lain alat tulis kantor, mesin ketik, tekstil, alat olah raga, furnitur dan perlengkapan rumah tangga.

Kini, bekas toko ini sedang direnovasi dan rencananya akan digunakan sebagai kafe dan resto. Sebelum direnovasi, gedung ini tampak kurang terawat. Cat dan plesterannya pun mengelupas. Jarang ada turis yang mau berfoto di bawah gedung yang sejatinya memiliki desain yang futuristik di masanya. Mungkin pascarenovasi, kecantikan gedung ini akan kembali terpancar sehingga menarik minat para wisatawan untuk sekedar berfoto di depannya. (ren)