Home > METRO BERITA > METRO JATENG > Tokoh Senior Golkar Sebut Airlangga Hartanto Berpeluang Gantikan Setnov

Tokoh Senior Golkar Sebut Airlangga Hartanto Berpeluang Gantikan Setnov

METROSEMARANG.COM – Sejumlah elite politik Partai Golongan Karya (Golkar) menyatakan posisi pucuk pimpinan partai yang saat ini kosong lebih cocok dipegang oleh Airlangga Hartanto.

Politisi Golkar, Muladi saat menghadiri acara di USM, Kamis (7/12). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Sebagai kader partai yang saat ini menjabat sebagai Menteri Perindustrian (Menperin), Airlangga Hartanto, disebut-sebut punya kans besar untuk terpilih menjadi Ketum Golkar menggantikan Setya Novanto yang terjerat korupsi.

“Calon-calon bertebaran. Ada si Airlangga, Idrus Marham, Azis Syamsuddin. Tapi Airlangga namanya paling kuat,” kata Politikus Senior Golkar, Muladi saat menghadiri acara di Universitas Semarang (USM), di Jalan Arteri Soekarno-Hatta, Kamis (7/12).

Ia menyebut peluang Airlangga untuk menggeser posisi Setya Novanto terbuka lebar mengingat keberadaannya paling kuat ketimbang kandidat lainnya.

Saat ini, Muladi mengatakan upaya untuk mendorong Airlangga menjadi Ketum Golkar adalah dengan menggelar Musyawarah Nasional Luar biasa (Munaslub).

Sebab, Munaslub bisa terjadi apabila disetujui dua per tiga dari seluruh pengurus daerah tingkat provinsi Partai Golkar. “Munaslub itu sah. Tapi harus didahului dengan rapat pleno untuk menentukan kapan Munaslub,” bebernya.

Walau begitu, ia menyarankan kepada semua kader partai supaya menggunakan asas praduga tak bersalah dalam kasus korupsi yang menjerat Setya Novanto.

Tetapi Setya Novanto tak akan tinggal diam untuk mengulur waktu dibacakannya surat dakwaan. “Saya rasa dia tidak akan datang saat dakwaan dibacakan di pengadilan,” katanya.

“Makanya, masing-masing harus menghormati asas praduga tak bersalah. Karena kalau dilanggar akan menjadi tradisi yang menjatuhkan,” jelas Muladi. (far)

Tinggalkan Balasan