Home > METRO BERITA > TPA Jatibarang Kembali Terbakar, Pabrik Pupuk Terjunkan Dua Truk Tangki Air

TPA Jatibarang Kembali Terbakar, Pabrik Pupuk Terjunkan Dua Truk Tangki Air

Kondisi TPA Jatibarang yang kembali terbakar (10/10) (foto: yas/Metro)
Kondisi TPA Jatibarang yang kembali terbakar (10/10) (foto: yas/Metro)

SEMARANG – Pasca kembali terbakarnya timbunan sampah di sebagian wilayah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Jatibarang Semarang, Kamis (9/9) sore, produsen pupuk organik yang beroperasi tepat di dalam area TPA tersebut was- was.

Pasalnya, jarak antara titik kebakaran dengan sisi timur bangunan pabrik milik PT. Narpati Agung Karya Persada Lestari tersebut, hanya berjarak beberapa meter saja. “Untuk antisipasi, kami gunakan dua truk tangki pabrik untuk menyiram titik-titik api yang mulai menjalar ke area pabrik,” tutur karyawan pabrik Sugiyanto (56), Kamis (10/10) siang

Menurut Sugiyanto, kebakaran yang terjadi di TPA tersebut beberapa hari yang lalu sudah padam, namun entah mengapa api tiba-tiba muncul di sisi selatan TPA.

Hal senada juga diungkapkan Salamah (65), penjual makanan di sekitar area TPA. Menurutnya api tiba-tiba muncul begitu saja dan cepat membesar. Tidak hanya itu asap yang dikeluarkan juga tebal dan berbau menyengat. “Sejak dibuka tahun 1990 lalu, kebakaran tahun ini termasuk yang sangat parah,” tandas wanita yang akrab disapa Mbok Mah tersebut. (Yas)