Home > METRO BERITA > Sosialita > Tri Wahyudi, Manfaatkan Facebook untuk Jual Kopi Luwak ke Amerika

Tri Wahyudi, Manfaatkan Facebook untuk Jual Kopi Luwak ke Amerika

MEMILIH pasar yang spesifik menjadi kunci sukses Tri Wahyudi, seorang produsen kopi luwak bermerk Toren Coffe asal Aceh yang kini sukses menjual biji kopi olahannya ke mancanegara. Kopi Luwak dikatakannya memiliki pasar yang sempit (menengah ke atas) sehingga dirinya harus masuk menuju sasaran pasarnya.

Tri Wahyudi. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Tri Wahyudi. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Kopi dia jual dengan masih berbentuk biji kopi yang sudah diolah. Hal ini dikarenakan konsumennya yang merupakan kelas atas sudah memiliki mesin kopi sendiri. Selain itu menurut beberapa penikmat kopi, rasa kopi akan berubah jika dijual dalam bentuk bubuk.

Alumnus Planologi Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini menggunakan jejaring sosial Facebook untuk masuk ke komunitas pecinta kopi di Amerika. Alhasil, banyak pelanggan yang terjaring dari sana dengan pendekatan tersebut.

Dalam pendekatan yang dilakukannya, Tri memanfaatkan fitur ‘ketertarikan’ di Facebook untuk mengetahui siapa saja yang menyukai kopi luwak di Amerika. Dia mengatakan, ada sekitar 37.000 penikmat kopi luwak di sana dan 13 persennya berada di New York.

Dia mengatakan, mampu menjual paling tidak 20 kilogram hingga 30 kilogram ke Amerika. Bahkan, bulan ini dirinya mendapat pesanan dari Rusia.

“Jika Anda bingung membuat usaha dj Kota, coba kembali ke Desa. Di sana banyak potensi yang bisa diolah dijadikan sesuatu yang bernilai tinggi,” ungkapnya, Rabu (30/11).

Di desa bahan baku dia dapatkan dengan harga yang cukup murah. Sedangkan harga jualnya bisa disesuaikan dengan harga pasaran yang relatif tinggi. Dia mengatakan bisa mengambil profit hingga Rp 1 juta untuk satu kilogram. (ade)

Tinggalkan Balasan