Home > Berita Pilihan > Trigol Johan Bawa PSIS Gulung Macan Tidar

Trigol Johan Bawa PSIS Gulung Macan Tidar

METROSEMARANG.COM – PSIS sukses menutup fase grup Indonesia Soccer Championship (ISC) B dengan sempurna. Tiga gol Johan Yoga memastikan kemenangan Mahesa Jenar atas tuan rumah PPSM Sakti Magelang. Pertandingan yang digelar di Stadion Moch Soebroto, Sabtu (10/9) berkesudahan dengan skor 3-1.

Johan Yoga melakukan selebrasi usai menjebol gawang PPSM, Sabtu (10/9). Foto: tri wuryono
Johan Yoga melakukan selebrasi usai menjebol gawang PPSM, Sabtu (10/9). Foto: tri wuryono

PSIS unggul cepat saat pertandingan berumur satu menit. Umpan Hari Nur dari sisi kiri dituntaskan dengan dingin oleh Johan Yoga.

Meski kehilangan M Yunus, tim tamu masih bisa mendominasi permainan. Sementara serangan yang dibangun PPSM lebih sering kandas di lini tengah.

Laga berjalan 9 menit, Johan Yoga nyaris menggandakan skor. Menerima sodoran dari Feri Ariawan, top skor PSIS lolos dari jebakan offside, tapi tendangannya terlalu lemah dan mengarah tepat ke pelukan Markus Horison.

Empat menit kemudian, giliran Hari Nur yang menjajal peruntungan. Sayang, sepakan pemain bernomor 22 ini belum mampu menaklukkan Markus.

Mahesa Jenar terus menggempur pertahanan tuan rumah. Di menit 18, percobaan Yogi Ardianto dari luar kotak penalti masih bisa dijinakkan Markus Horison.

Menit 24, sepakan Hari Nur juga belum menemui sasaran. Johan Yoga akhirnya menggandakan keunggulan PSIS di menit 28 lewat skema serangan yang nyaris sama dengan gol pertama. Kali ini Johan menerima sodoran Feri Ariawan dari sayap kanan dan diteruskan lewat sepakan mendatar yang bersarang di gawang PPSM.

Unggul dua gol, tim tamu mulai mengendurkan tekanan. Babak pertama ditutup dengan skor 2-0 buat PSIS.

Tujuh menit setelah restart, sepakan Feri Ariawan dari luar kotak penalti masih melayang di atas gawang PPSM. Di menit 53, Johan Yoga sukses menjebol gawang Markus Horison untuk kali ketiga. Namun, wasit menganulir gol tersebut karena Johan lebih dulu terperangkap offside.

Hanya berjarak delapan menit, tepatnya di menit 61, Johan Yoga akhirnya benar-benar mengukir hattrick di pertandingan ini melalui sepakan 12 pas. Penalti diberikan wasit setelah Markus Horison melanggar Johan di area terlarang. Johan pun tanpa kesulitan menaklukkan Markus Horison, sekaligus menambah koleksi golnya menjadi 10.

Tertinggal tiga gol, PPSM mencoba memberi perlawanan. Di menit 79, Laskar Macan Tidar memperoleh peluang pertamanya melalui Budi Sismanto. Sayang sepakannya masih bisa ditepis Syaiful Amar dan hanya melahirkan tendangan penjuru.

Dari sepakan pojok inilah akhirnya PPSM bisa menipiskan skor di menit 80. Pelanggaran bek PSIS terhadap Catur Erik berujung hadiah penalti yang sukses dieksekusi Derry Tadarus.

Gol Derry Tadarus menjadi penutup pertandingan ini. Kemenangan di Magelang makin mengokohkan posisi Mahesa Jenar di puncak klasemen Grup 4 dengan torehan 28 poin.

Skuat racikan Eko Riyadi membukukan 9 kemenangan, sekali imbang dan dua kali kalah. Johan Yoga cs menjadi tim paling produktif di Grup 4, dengan torehan 20 gol dan hanya kebobolan tujuh. (twy)

Susunan Pemain

PPSM 4-2-3-1: Markus Horison–Catur Erik, Dedeyan, Roni Ardian, Adi Cahyadi; Iwan HW, Ilham Asdat; Reza, Fattah, Derry Tadarus; Sumaryanto

PSIS 4-2-3-1: Syaiful Amar; Anhar Latif, Fauzan Fajri/AM Bahtiar, Tegar Pribadi, Andriantono; Edy Anto/Akhsay Rismawanto, Yogi Ardianto; Hari Nur, Feri Ariawan, Dani Raharjanto; Johan Yoga/Jordan Foranda