Home > METRO BERITA > Tugu Muda, Warisan Edhi Sunarso di Semarang

Tugu Muda, Warisan Edhi Sunarso di Semarang

Tugu Muda Semarang, salah satu karya maestro Edhi Sunarso. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Tugu Muda Semarang, salah satu karya maestro Edhi Sunarso. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

METROSEMARANG.COM – Edhi Sunarso, si pematung legendaris memang telah tutup usia di Yogyakarta, Selasa (5/1) kemarin. Tapi karya-karya monumentalnya hingga saat ini tak lekang oleh waktu bahkan masih dapat dikenang oleh banyak orang di tiap daerah.

Karyanya yang tetap kokoh berdiri di beberapa daerah mulai Patung Pancoran di Tebet Jakarta Selatan, Patung Slamet Riyadi di Ambon dan beberapa monumen lainnya. Di Kota Lumpia Semarang, almarhum Edhi juga meninggalkan sebuah karya besar yang jadi ikon warga setempat.

Ya, Tugu Muda adalah karya monumental dari sang maestro patung tersebut. Bila di banyak tempat almarhum membangun patung-patung manusia serta diorama museum, namun di Semarang ia memilih membangun monumen lilin raksasa 53 meter yang berdiri kokoh di antara Lawang Sewu dan Museum Mandala Bhakti. Pada dinding bangunannya tertambat lima lambang Pancasila.

Tugu Muda dibangun Edhi Sunarso mulai 10 November 1951 dan rampung pada 1953 silam. Ia membangun Tugu Muda kala itu untuk mengenang pertempuran 5 hari di Semarang. Bentuknya yang menjulang tinggi membuat monumen ini mudah dikenali pengendara yang melintas di pusat kota.

Pakar Perancang Kota Semarang Widya Wijayanti membenarkan bila Tugu Muda merupakan salah satu masterpice dari almarhum Edhi Sunarso. “Iya itu memang karya Pak Edhi karena setahu saya Tugu Muda itu dibangun oleh beliau sekitar dekade 50’an,” kata Widya, kepada metrosemarang.com, Rabu (6/1) siang.

Widya menyatakan Tugu Muda kini benar-benar jadi ikon bagi warga Semarang sekaligus peninggalan bersejarah yang dihasilkan oleh pematung legendaris tersebut. Tugu Muda, baginya juga menjadi benda sejarah yang patut dilestarikan oleh warga setempat. (far)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link