Home > METRO BERITA > METRO SPORT > Tundukkan Kaltim, Sepakbola Jateng Percaya Diri Tatap PON 2016

Tundukkan Kaltim, Sepakbola Jateng Percaya Diri Tatap PON 2016

METROSEMARANG.COM – Tim Sepakbola Jawa Tengah memetik hasil positif jelang berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat. Soni Setiawan dkk sukses menundukkan juara bertahan Kalimantan Timur dalam laga ujicoba di Stadion Jatidiri, Semarang, Senin (22/8) sore.

Gelandang PON Jateng Adit Wafa (depan) berduel dengan pemain PON Kaltim. Jateng menang 1-0 berkat gol Andhika di menit 53. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono
Gelandang PON Jateng Adit Wafa (depan) berduel dengan pemain PON Kaltim. Jateng menang 1-0 berkat gol Andhika di menit 53. Foto: metrosemarang.com/tri wuryono

Meladeni Tim PON Kaltim yang diarsiteki Eddy Simon Badawi, pelatih Anjar Jambore menampilkan skuat yang hampir sama saat timnya berujicoba di Blitar, pekan kemarin. Gelandang PSIS Ahmad Agung Setiabudi yang absen dalam ujicoba sebelumnya, kali ini diturunkan sejak menit pertama.

Dengan formasi 4-2-3-1, Jateng mengandalkan kecepatan kedua sayap Zaenal ‘Cheng’ Arivin dan Putut Ragil untuk membongkar pertahanan Kaltim. Namun, tuan rumah justru kerap kerepotan dengan permainan kolektif yang diperagakan anak asuh Edi Simon.

Meski lebih unggul dalam penguasaan bola, Kaltim juga kesulitan menembus kuartet pertahanan Jateng yang diisi Soni Setiawan, Rio Saputra, Haudi Abdilah dan Riswandani. Duet penyerang Kaltim, Rivaldi dan Farja Foranda juga tak mampu berbuat banyak untuk melepaskan diri dari pengawalan ketat pemain-pemain Jateng.

Situasi tak banyak berubah di paruh kedua pertandingan. Tim tamu masih memegang kendali permainan. Tapi, justru Jateng yang berhasil mencuri gol saat babak kedua berumur delapan menit. Wasit menunjuk titik putih setelah bek Kaltim dianggap melakukan handball di area terlarang. Andhika Dian yang maju sebagai algojo sukses mengecoh kiper Abdul Aziz.

Tertinggal satu gol, pemain-pemain Kaltim makin bernafsu untuk menyamakan skor, Serangan yang dibangun Brian Cesar cs beberapa kali mengancam gawang tuan rumah yang dikawal Feri Bagus. Namun, buruknya penyelesaian akhir, membuat Kaltim gagal membuat gol penyeimbang,

Bagi Jateng, kemenangan 1-0 ini menjadi bekal berharga sebelum berlaga di babak utama PON XIX Jabar yang akan berlangsung pada 17-29 September mendatang. Kemenangan ini juga menjadi revans atas kekalahan di babak semifinal PON XVIII/2012. Saat itu, Jateng yang diperkuat kapten PSIS Fauzan Fajri takluk 0-2 dari Kaltim yang akhirnya merebut medali emas.

Meski berhasil mengalahkan Kaltim, Manajer Tim Sepakbola Jateng, Kairul Anwar menyebut hasil ujicoba ini belum bisa dijadikan ukuran kekuatan anak asuh Anjar Jambore. “Ujicoba ini hanya menjadi media informasi bagi tim pelatih. Tentunya ada banyak evaluasi yang harus kami lakukan,” kata dia.

Sementara, pelatih Kaltim Eddy Simon tak memersalahkan kekalahan yang dialami anak asuhnya. Menurut dia, hasil ujicoba di Semarang justru menjadi warning dan pelajaran berharga buat timnya.

“Hari ini kami kalah, tapi ada banyak pelajaran yang bisa diperoleh. Kami justru berterima kasih kepada tim Jateng, sehingga menjadi bahan evaluasi bagi tim,” ujarnya. (twy)

Susunan Pemain

Jateng 4-2-3-1: Feri Bagus—Riswandani, Rio Saputra, Haudi Abdilah, Soni Setiawan; Ahmad Agung, Adit Vafa; Putut Ragil, Ardiyanto Agung, Zaenal Arivin; Andhika Dian

Kaltim 4-4-2: Abdul Aziz—Dwi Cahyono, Noval Fandi, Rahmanto; Brian Cesar, Abdul Rohim, M Fadli, Chaidir Alfionesia; Rivaldi, Farja Rofanda