Tuntut Kompensasi, Buruh PT Tossa Blokade Akses Masuk Pabrik

METROSEMARANG.COM – Ratusan buruh PT Tossa Sakti Kaliwungu Kendal menggelar unjuk rasa menuntut pembayaran kompensasi akibat dirumahkan, Kamis (8/3) siang. Mereka sempat bersitegang dengan perwakilan perusahaan.

Unjuk rasa buruh PT Tossa. Foto: metrojateng.com/edi prayitno

Buruh memblokade pintu masuk ke perusahaan di Desa Nolokerto Kecamatan Kaliwungu Kendal. Para buruh ini nampak duduk-duduk sambil membentangkan spanduk tuntutan, agar kompensasi akibat dirumahkan diberikan.

Sempat terjadi adu mulut saat perwakilan dari perusahaan tidak bisa menjamin kapan kompensasi kepada lebih dari 750 buruh yang dirumahkan akan dibayarkan. Perusahaan hanya bisa memberikan 25 persen dari gaji yang seharusnya diterima, itupun menunggu esok hari.

“Pihak manajemen hanya bisa memberikan 25 persen saja itupun menunggu besok pagi, soal kapan sisanya diberikan masih menunggu direksi,” kata Joko perwakilan perusahaan.

Buruh pabrik kaca tersebut sudah tidak sabar dengan janji perusahaan yang terus menunda dan tidak membayar secara penuh kompensasinya. “Kita buruh tidak mau gaji kita diangsur, kita minta bukti bukan janji dan segera dibayarkan penuh,” teriak Doni, buruh PT Tossa Sakti.

Sejumlah perwakilan buruh juga menghadap Bupati Kendal Mirna Annisa, untuk menyampaikan uneg-unegnya. “Pihak pemerintah berjanji akan memanggil direksi PT Tossa Sakti dan meminta penjelasan terkait pembayaran kompensasi yang selalu molor pada Selasa pekan depan,” ujar Eko salah satu perwakilan buruh.

Sekitar 750 buruh ini dirumahkan sejak Juli 2017 karena perusahaan tidak lagi beroperasi dan beban perusahaan semakin berat. Mereka diberikan dana kompensasi 50 persen dari gaji yang biasanya diterima. Namun perusahaan selalu ingkar janji dana kompensasi selalu molor dari jadwal dan diberikan dua kali dalam sebulan. (metrojateng.com/MJ-01)

You might also like

Comments are closed.