Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Mall & Shopping > Uang Elektronik, Hindarkan Anda dari Uang Palsu

Uang Elektronik, Hindarkan Anda dari Uang Palsu

image
Ilustrasi

Sekarang sudah bukan zamannya ke mana-mana membawa segepok uang. Sekarang zamannya uang elektronik. 

Uang elektronik berbentuk seperti kartu ATM. Di dalam kartu tersebut terdapat chip yang menyimpan data nominal nilai uang yang dapat dibaca di mesin EDC.

Meski sama-sama berbentuk kartu dan memiliki nominal uang yang tersimpan di dalamnya, namun uang elektronik berbeda dengan kartu debit maupun kartu kredit. Salah satu perbedaan yang paling terlihat adalah, untuk menggunakan uang elektronik Anda tidak akan diminta konfirmasi berupa PIN. Uang elektronik ini bisa langsung digunakan saat bertransaksi layaknya uang, hanya saja bentuknya kartu. Karena tidak diproteksi PIN, maka uang elektronik dapat dipindah tangankan kepada siapa saja.

Meski tak berbentuk uang, namun uang elektronik ini diakui sebagai alat pembayaran yang sah oleh bank. Syaratnya, uang elektronik harus diterbitkan atas dasar nilai uang yang disetor terlebih dahulu oleh pemegang kartu kepada penerbit, nilai uang disimpan secara elektronik dalam suatu media, seperti server atau chip, digunakan sebagai alat pembayaran kepada pedagang yang bukan merupakan penerbit uang tersebut, dan nilai uang elektronik yang telah disetor oleh pemegang dan dikelola oleh penerbit kartu bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam undang-undang yang mengatur mengenai perbankan.

Untuk memiliki kartu elektronik, Anda tidak harus menjadi nasabah bank. Untuk top up saldonya pun tidak harus di bank, melainkan dapat dilakukan di merchant-merchant khusus yang bekerjasama, misalnya Indomart, Alfamart, dan lainnya.

Keuntungan lain dengan memiliki uang elektronik adalah Anda terhindar dari jebakan uang palsu yang banyak beredar di masyarakat. Anda juga dapat menekan jumlah belanja dan berhemat, sebab dana maksimal yang dapat diisikan dalam uang elektronik adalah Rp. 1 juta. Dengan menggunakan uang eletronik, Anda pun tak perlu repot mencari uang receh saat akan membayar tarif tol. Sebab, sudah ada beberapa bank yang menerbitkan uang elektronik yang dapat digunakan untuk memudahkan proses pembayaran di pintu tol.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan uang elektronik, tidak ada salahnya untuk punya satu to, kas? (ren)