Home > METRO BERITA > METRO BISNIS > Uang Kertas Tetap Utuh Walau Terendam Air, Ini Sebabnya

Uang Kertas Tetap Utuh Walau Terendam Air, Ini Sebabnya

METROSEMARANG.COM – Karena kelalaian, terkadang uang kertas yang kita miliki masih tertinggal di saku baju atau celana dan tidak sengaja masuk mesin cuci. Namun uang yang tertinggal tersebut tidak rusak, bahkan hampir sama seperti keadaan semula jika sudah dikeringkan.

Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang, Asral Mashuri. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang, Asral Mashuri. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Menurut Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang, Asral Mashuri, bahan yang akan digunakan untuk membuat uang kertas bukanlah seperti kertas biasanya. Bahan uang adalah khusus yang tahan terhadap bentuk potensi kerusakan.

“Jika kertas terbuat serat kayu yang berserat pendek, tidak demikian dengan uang yang terbuat dari kapas berserat panjang yang jauh lebih kuat walaupun ditarik. Ini yang membedakan,” kata dia, Rabu (5/10).

Dia menambahkan, bahan kapas tersebut juga tidak bisa tumbuh di Indonesia sehingga perlu diimpor dari negara penghasil kapas khusus, yaitu Amerika, Brasil dan lain-lain.

Disebutkannya, kerusakan uang paling banyak terjadi pada pecahan nominal Rp 10.000 ke bawah. Di pecahan Rp 20.000 ke atas jarang terjadi kerusakan lantaran sikap orang-orang yang berbeda dalam memperlakukan uang pecahan kecil dan besar. (ade)