Home > METRO BERITA > METRO GAYA > Uban Muncul Bukan Karena Stres

Uban Muncul Bukan Karena Stres

ilustrasi
ilustrasi

 

Jika rambut Anda sudah mulai beruban di umur 20 tahunan, mungkin Anda mengira penyebabnya adalah karena stres. Namun berdasarkan bukti ilmiah terbaru, stres tidak menyebabkan rambut beruban. Uban yang terjadi adalah bagian dari proses penuaan. Sedangkan stres, kemungkinan mampu membuat rambut rontok.

Menurut hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nature Medicine, disebutkan bahwa stres atau cedera pada kulit di sekitar folikel rambut bisa menyebabkan penipisan sel punca melanosit (yang memberi warna pada rambut), sehingga tiap helainya berubah jadi abu-abu atau beruban.

Selain itu, rambut beruban juga disebabkan penurunan kadar pigmen melanin yang memberi warna pada rambut. Semakin bertambahnya usia seseorang, kadar melanin dalam rambut akan berkurang sehingga menyebabkan rambut berwarna abu-abu putih.

Namun tak hanya faktor usia. Polusi, paparan zat kimia, obat-obatan dan sinar matahari juga dapat menyebabkan kadar melanin menurun. Maka, jika tak ingin rambut beruban sebelum waktunya, jagalah rambut Anda, baik dari sinar matahari maupun zat-zat kimia yang dapat merusak rambut. Pastikan juga asupan nutrisi Anda terjaga agar rambut pun dapat memetik manfaat makanan yang Anda konsumsi. (ren)