Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Udinus Gratiskan Biaya Kuliah bagi Tunanetra

Udinus Gratiskan Biaya Kuliah bagi Tunanetra

METROSEMARANG.COM – Beasiswa bagi mahasiswa berprestasi sudah tak asing di dunia pendidikan tinggi. Tetapi beasiswa bagi penyandang disabilitas belum terlalu populer. Hal ini yang mendasari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) memberikan beasiswa penuh bagi kaum difabel khususnya tunanetra.

Acara Dinus Inside 2016, Selasa (6/9). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Acara Dinus Inside 2016, Selasa (6/9). Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

“Sejak lima tahun lalu sebenarnya, dulu Ketua Pertuni Jateng menemui saya bersama seorang pemuda yang ingin belajar komputer,” kenang Edi¬†saat acara Dinus Inside Selasa (6/9).

Waktu itu, ia mengaku cukup terkejut, tetapi akhirnya pemuda tunanetra tersebut bisa menguasai komputer setelah belajar kurang lebih dua tahun.

Sejak itu, Udinus mulai memperhatikan penyandang disabilitas agar mendapat hak yang sama dalam pendidikan. Sejauh ini memang baru tunanetra saja yang terfasilitasi. Bahkan salah satu lulusan terbaik Udinus, Eka Pratiwi adalah seorang tunanetra.

“Iya, Eka saya tawari ngajar di sini, tapi harus lulus S2 dulu. Mereka yang kurang sempurna saja ternyata luar biasa usahanya,” imbuh Edi.

Pada tahun ajaran 2016, Udinus menerima 3.300 mahasiswa, dua di antaranya tunanetra. Dibandingkan tahun lalu ada kenaikan 32%. Beasiswa yang ditawarkan Udinus cukup banyak namun yang lain dari yang lain adalah beasiswa bagi tunanetra.

“Sekarang kan ada aplikasi untuk tuna netra jadi androidnya bisa bersuara. Salah satu dosen kita juga sudah menciptakan aplikasi semacam itu tapi dengan bahasa Indonesia jadi lebih mudah,” pungkas Edi. (vit)