Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Udinus Kumpulkan 60 Makalah Penemuan Modern

Udinus Kumpulkan 60 Makalah Penemuan Modern

METROSEMARANG.COM – Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Udinus berkolaborasi dengan Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) menggelar International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (iSemantic) 2017.

Foto: istimewa

Kegiatan ini merupakan forum di mana para peneliti yang berasal dari berbagai bidang ilmu terlibat diskusi seru penemuan-penemuan teknologi terbaru.

Sebagai contoh, Kepala Bidang Riset dan Teknologi Kelautan, Ifan Ridho Suhelmi memaparkan penggunaan teknologi yang ada di Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) seperti Automatic Identification System (AIS) radar untuk memonitor kapal-kapal yang berlayar dengan ijin resmi di laut Indonesia.

“Dengan alat ini kami juga dapat memprediksi jenis ikan dan jumlah spesiesnya dilautan menggunakan sin radar, sayangnya sebagian besar teknologi masih tergantung pada pihak asing,” jelas Ifan sebagaimana siaran tertulis, Selasa (10/10).

Tercatat sebanyak 60 paper telah dikirim untuk ditinjau dan direview oleh tiga reviewers. Rektor Udinus, Edi Noersasongko berharap seluruh penilitan yang sudah dikirim bisa diterbitkan dan dapat segera diaplikasikan untuk digunakan masyarakat. (ade)