Udinus Siapkan Satgas Antinarkoba

narkoba udinus

SEMARANG – Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menyiapkan satgas antinarkoba untuk menutup celah peredaran barang terlarang tersebut di ilayah kampus. Tak cukup satgas, Udinus juga menggandeng Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jawa Tengah.

Keseriusan itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) yang dilakukan di Kampus Udinus Jalan Imam Bonjol Semarang, Jumat (13/2). Nota kesepahaman antara dengan Udinus dengan BNNP nomor B/001/II/Ka/Hk.01/2015/BNNP dan 026/F9/UDN-01/II/2015 memuat Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Lingkungan Kampus.

“Ruang lingkupnya meliputi diseminasi dan advokasi mengenai pencegahan penyalahgunaan narkoba. Selain itu, saling membagi akses jaringan komunikasi dan informasi, serta pembentukan jejaring dan kader anti penyalahguanaan narkoba,” kata Rektor Udinus, Edi Nursasongko.

Edi menambahkan, Udinus tak cukup hanya memantau internal kampus, tetapi juga jaringan-jaringan alumni. Langkah yang akan ditempuh diantaranya, pembentukan Satgas anti-narkoba yang terdiri dari mahasiswa yang mengetahui seluk beluk narkoba.

Sementara, Kepala BNNP Jateng Soetarmono mengatakan, kampus merupakan salah satu sasaran pencegahan. Sebanyak 70 persen pengguna narkoba adalah kalangan pekerja. Karena sudah punya gaji, tekanan pekerjaan dan kebiasaan sejak kuliah atau sekolah. “Kami ingin melakukan pencegahan sejak di kampus,” katanya. (MS-06)