Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Ujian SBMPTN dengan Sistem CBT Dinilai Lebih Efektif

Ujian SBMPTN dengan Sistem CBT Dinilai Lebih Efektif

METROSEMARANG.COM – Ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang digelar serentak pada hari ini, Selasa (16/5) dilaksanakan dengan dua cara yakni Computer Based Test (CBT) dan Paper Based Test (PBT). Meskipun CBT hanya sebagian kecil, namun tampaknya dirasa lebih efektif daripada PBT.

Pelaksanaan ujian SBMPTN di Semarang. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

Beberapa peserta yang melakukan tes dengan metode CBT mengaku lebih cepat dan bisa mengatur waktu dibandingkan dengan metode PBT. Salah satunya Ariani Dian Kartikaputri, peserta lulusan SMA 1 Ampel Boyolali ini mengaku lebih nyaman melakukan tes dengan metode CBT.

“Soalnya kan lebih enak, nggak usah ngoret-oret di kertas, nggak ribet juga, dan lebih efektif dalam memaksimalkan waktu,” ujarnya, Selasa (16/5) siang.

Tak hanya itu, tambah Ariani, dengan metode CBT tidak ada risiko kertas rusak akibat keringat. “Soalnya kan kalau pakai kertas bisa bahaya juga kalau tangannya basah keringetan, nanti lembar jawabnya bisa rusak,” aku peserta perempuan yang memilih jurusan Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro (Undip) sebagai pilihan utamanya.

Sementara itu, Rektor Undip, Yos Johan utama mengatakan tak ada kendala dalam pelaksanaan ujian SBMPTN metode CBT. “Ya kendalanya cuman kurang aja jumlah komputernya, sehingga hanya ada kuota sedikit,” ujarnya.

Untuk mengantisipasi listrik padam, pihaknya telah menyiagakan genset sebagai penggantinya daya listrik dari PLN jika padam. “Di masing-masing komputer juga sudah dipasang ups agar jika kemungkinan buruk listrik padam komputer tidak langsung mati,” tutup Yos. (fen)

Yuk, Berbagi Informasi

Bagikan Artikel Ini. Klik ikon di bawah.
close-link