UN CBT, SMK Texmaco Didatangi Ombudsman

Tim Ombudsman Jateng memantau ujian nasional (UN) Computer Based Test (CBT) di SMK Texmaco, Senin (13/4). Foto: metrosemarang.com/MS-06
Tim Ombudsman Jateng memantau ujian nasional (UN) Computer Based Test (CBT) di SMK Texmaco, Senin (13/4). Foto: metrosemarang.com/MS-06

SEMARANG – SMK Texmaco adalah satu-satunya sekolah di Semarang yang melaksanakan ujian nasional (UN) Computer Based Test (CBT). Pada hari pertama pelaksanaan UN CBT, hari ini (Senin, 13/4), sekolah tersebut didatangi ombudsman perwakilan Jawa Tengah.

“Ini adalah UN CBT yang pertama. Dan untuk kota Semarang, hanya satu-satunya. Karena itu kami kemari untuk melihat pelaksanaannya. Ke depan model UN seperti ini diharapkan dilaksanakan oleh lebih banyak lahi sekolah,” kata Asisten Perwakilan Ombudsman Jawa Tengah.

Menurutnya sistem UN CBT yang ditiliknya sudah bagus. Menghilangkan kecurangan, serta efektif dan efisien. Ombudsman memberikan rekomendasi agar UN CBT dilaksanakan lebih luas dan lebih baik. Pertama, adalah memperluas sosialisasi. Kedua, memperbaiki ruang yang dipakai untuk UN CBT.

“Dalam prosedur operasional standar UN memang belum memuat aturan tenyang standar ruangan UN CBT. Menurut kami, standar ruangan sangat penting untuk kenyamanan peserta,” lanjut Anshori. Menurutnya, jarak antar siswa kurang memadai. Serta tidak ada sekat antar siswa, sehingga kurang memberi kenyamanan.

Kepala SMK Texmaco Semarang, Nur Alimah mengatakan ada 388 siswa yang mengikuti UN CBT. Terbagi dalan tiga giliran, dengan 150 komputer dan laptop pada lima ruangan. “Seluruhnya adalah ruangan laboratorium,” kata Alimah.

Selain didatangi Ombudsman, pelaksanaan UN CBT di SMK Texmaco juga dilihat oleh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono dan Kepala Dinas Provinsi Jawa Tengah Nur Hadi Amiyanto beserta stafnya. (MS 06)

You might also like

Comments are closed.