Home > METRO BERITA > METRO KAMPUS > Unissula Loloskan Tiga Tim ke Pimnas 2016

Unissula Loloskan Tiga Tim ke Pimnas 2016

METROSEMARANG.COM – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang meloloskan tiga tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-29. Setelah menyisihkan ribuan proposal, saat ini delegasi Unissula tengah memersiapkan diri untuk berlaga di event yang akan digelar di Institut Pertanian Bogor (IPB) 8-11 Agustus 2016 tersebut.

pimnas-29

Tiga tim Unissula masing-masing diketuai oleh La Ode Muhammad Aidil Akbar dengan judul proposal “Galero (penyangga leher otomatis) sebagai alat penyangga leher dalam perjalanan jarak jauh (PKM-KC), Fifia Wulan Safitri dengan “Antiaging dan anti-uv rambut jagung (Zea mays L): Pengembangan Pemanfaatan Tanaman Lokal sebagai Kosmetika Herbal Pada Industri Farmasi (PKM-PE), serta Ryzka Nurdianti “Stop bullying untuk meningkatkan school well being” (PKM-PSH).

Kasub Penelitian dan Penalaran Mahasiswa, Nuzulia Khoiriyah, ST, MT memaparkan, waktu persiapan menuju Pimnas kali ini sangat terbatas. “Timeline antara pengumuman dan pelaksanaan Pimnas sangat mepet, sehingga kita hanya punya waktu sekitar 2 minggu dengan efektivitas 10 hari untuk melakukan berbagai persiapan,” kata Nuzulia, yang juga sebagai dosen pembimbing PKM, seperti dilansir dari laman resmi Unissula.

Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni Triwikaningrum, SE, MSi menambahkan, persiapan menuju Pimnas ini melibatkan kerjasama dari berbagai pihak termasuk kampus, BKA, fakultas, dosen pembimbing, dan tentu saja finalis PKM. “Semua pihak terlibat untuk mempersiapkan secara detail baik pada desain poster, stand pameran, tampilan power point, memperbaiki laporan akhir, mengirim artikel ke jurnal ilmiah, hingga melatih presentasi,” ujarnya.

Wika mengungkapkan persaingan di Pimnas sangat ketat karena perguruan tinggi peserta merupakan kampus-kampus ternama di Indonesia. “Sebanyak 440 proposal PKM akan bersaing termasuk Unissula, sehingga kami terus mendorong mahasiswa agar semangat berkompetisinya tetap tinggi,” tegasnya. (*)